Analisis Faktor Kepribadian, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Afektif terhadap Kemangkiran Studi pada Pegawai Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kabupaten Pangandaran

Main Article Content

Vida Fitronutzzaqiyah Huzna

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepribadian, kepuasan kerja, dan komitmen afektif terhadap kemangkiran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 106 responden. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Pangandaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus dengan saturated sampling technique, sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepribadian tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap kemangkiran. (2) Kepuasan kerja dan komitmen afektif memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemangkiran. (3) Extraversion, keramahan, ketelitian, dan keterbukaan terhadap pengalaman memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan kerja. Namun, stabilitas emosi memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. (4) Extraversion dan agreeableness berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen afektif. Conscientiousness memiliki dampak positif yang signifikan terhadap komitmen afektif. Namun, baik stabilitas emosi dan keterbukaan terhadap pengalaman memiliki dampak positif yang signifikan terhadap komitmen afektif. (5) Kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen afektif.

Article Details

How to Cite
HUZNA, Vida Fitronutzzaqiyah. Analisis Faktor Kepribadian, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Afektif terhadap Kemangkiran. Performance, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 24-35, jan. 2018. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/967>. Date accessed: 23 may 2018.
Section
Articles