Dampak Pertukaran Atasan dan Bawahan terhadap Perilaku Keterikatan Kerja dengan Perasaan Kewajiban sebagai Pemediasi dan Ideologi Pertukaran sebagai Pemoderasi

Main Article Content

I Gede Krisna Sukma Putra Rio Dhani Laksana

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengamati dampak dari pertukaran atasan dan bawahan terhadap perilaku keterikatan kerja melalui mediasi perasaan kewajiban dan adanya moderasi dari ideologi pertukaran. Sebanyak 214 responden berpartisipasi dalam penelitian ini, mereka merupakan pegawai pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pengumpulan data menggunakan metode survei dengan kuesioner yang diadministrasikan sendiri (langsung dan daring). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pertukaran atasan dan bawahan memiliki dampak terhadap perilaku keterikatan kerja dengan mediasi parsial dari perasaan kewajiban. Namun ideologi pertukaran terbukti tidak memiliki efek pemoderasi dalam hubungan antara pertukaran atasan dan bawahan terhadap perasaan kewajiban. Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) mediasi parsial dari perasaan kewajiban mengindikasikan adanya hubungan langsung antara pertukaran atasan dan bawahan terhadap keterikatan kerja dan dimungkinkan adanya variabel-variabel lain yang dapat memediasi, di luar variabel-variabel yang diuji dalam penelitian ini, dan (2) ideologi pertukaran tidak memiliki efek pemoderasi, hal ini memperlihatkan indikasi adanya kemungkinan hubungan langsung antara ideologi pertukaran dengan perasaan kewajiban serta pertukaran atasan dan bawahan. Manajer dan organisasi perlu untuk mempertimbangkan bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas dari hubungan pertukaran atasan dan bawahan yang dapat meningkatkan keterikatan kerja karyawan. Mereka juga perlu memperhatikan ideologi pertukaran yang dimiliki oleh karyawan karena dimungkinkan dapat berpengaruh langsung terhadap perasaan kewajiban serta pertukaran atasan dan bawahan.

Article Details

How to Cite
KRISNA SUKMA PUTRA, I Gede; LAKSANA, Rio Dhani. Dampak Pertukaran Atasan dan Bawahan terhadap Perilaku Keterikatan Kerja dengan Perasaan Kewajiban sebagai Pemediasi dan Ideologi Pertukaran sebagai Pemoderasi. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing dan Sistem Informasi, [S.l.], v. 28, n. 01, p. 41-53, jan. 2021. ISSN 2615-8094. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/performance/article/view/3238>. Date accessed: 20 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.32424/jp.v28i01.3238.
Section
Articles