Survei Kualitas Gerak Manipiulatif Siswa Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

  • IIF Firmana STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Herman Subarjah Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Agus Mahendra Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nuryadi Nuryadi Pendidikan Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas keingin tahuan peneliti terhadap kualitas gerak manipulatif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasman Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada saat pembelajaran secara daring akibat terjadinya wabah COVID-19 yang melanda Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode survey research dengan jumlah Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 sekolah dasar di SD Negeri 17 Kuningan yang berada di pusat kota Kabupten Kuningan dengan jumlah 60 siswa dan SD Negeri 1 Andamui yang berada di desa Andamui Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan  dengan jumla 40 siswa. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah penilaian hasil belajar gerak manipulatif. Hasil penelitian yang dilakukan di SD Negeri 17 Kuningan menegani keterampilan gerak manipulatif siswa, memiliki tingkat kelulusan sebesar 43%, berdasarkan hasil tersebut maka terjadi penurunan tingkat ketercapaian kriteria kelulusan berdasarkan data yang dimiliki oleh guru dengan standar KKM pada tahun 2019 sebanyak 66,11%. Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 1 Andamui mengenai keterampilan gerak manipulatif yang dimiliki ole siswa, diperoleh hasil tingkat kelulusan sebsar 47%. Hal ini juga mengalami penurunan dari dua tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2019 dengan data yang dimiliki oleh guru tingkat kelulusan KKM siswa kelas 4 pada tahun 2019 sebesar 71,28%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terjadinya penurunan tingkat kelulusan berdasarkan nilai kriteria kelulusan minimum untuk keterampilan gerak manipulatif pada siswa SD. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu peru diterapkan program pembeljaran yang dapat meningkatkan keterampilan gerak pada siswa sekolah dasar. Sehingga anak-anak dapat memiliki keterampilan gerak yang semkin baik, sebagai dasar untuk melakuka keterampilan gerak yang lebih kompleks.

References

Anggianita, Y., S., Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, , 1(2), 177–182.

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review : Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID 19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.

Balali, M. , . , . , & P. S., & VaezMousavi, M. (2019). Effects of challenging games on manipulative motor skills of 4–6 years old children: an application of challenge point framework. Early Child Development and Care, 189(5), 697–706.

Barnett, L. M. E., Morgan, P. J., van Beurden, & Beard, J. R. (2008). Perceived sports competence mediates the relationship between childhood motor skill proficiency and adolescent physical activity and fitness: A longitudinal assessment. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 189(5), 697–706.

Cahyani, A., & Listiana, I. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123–140.

Chan, N. N., Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An exploration of students’ lived experiences of using smartphones in diverse learning contexts using a hermeneutic phenomenological approach. Computers and Education.

Dwi Lidiawati Shanti, & Nur Muhammad. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(2), 13–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (McGraw-Hill, Ed.).

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education.

Hafidah. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Lapkknunnes. https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3316112010_6 _Desa%20_20200918_132701.pdf

Kay, R. H., & Lauricella, S. (2011). Exploring the Benefits and Challenges of Using Laptop Computers in Higher Education Classrooms: A Formative Analysis. Canadian Journal of Learning and Technology /La Revue Canadienne de l ’apprentissage et de La Technologie.

Mahendra, A. (2007). Teori Belajar Mengajar Motorik (1st ed., Vol. 1). FPOK UPI .

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). http://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/suratedaran-nomor-4-tahun-2o2o-tentang-pelaksanaankebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebarancoronavirus-disease-covid

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022 (No. 4).

Moawad, R. A. (2020). nline Learning During the Covid-19 Pandemic and Academic Stress in University Students. Revista Românească Pentru Educaţie Multidimensională, 12(2).

Muchamad Arif Al Ardha, & M., C.-B. Y. C. ,. (2018). Physical Education Curriculum for Early Childhood: Developing Students’ Manipulative Skills in Soccer. 173, 226–229.

Muhammad Kayyis Alfarisyi, & I Made Sri Undy Mahardika. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Mts Salafiyah Al-Amin.

Ramdhayani, & Eryuni. (2020). Analisis Penilaian Sikap Siswa Biologi Selama Pembelajaran Daring Era Tatanan Baru. Jpm, 380. https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/380

Rigianti, & Aditiia, H. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara . Universitas PGRI Yogyakarta, 250(1), 1–9.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Supriatna, D., Gilang, ;, Jamaludin, M., Ahmad, ;, & Burhani, Z. (2020). The Effect Of Online Learning System During The Covid-19 Pandemic On Students’ Learning Motivation And Interest In Learning. Jurnal Tatsqif, 18(2). https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.2795

Waryanto, N. H. (2006). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, , 11(2), 13–25.
Published
2022-10-28
How to Cite
FIRMANA, IIF et al. Survei Kualitas Gerak Manipiulatif Siswa Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 53-60, oct. 2022. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/6709>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.6709.