Survei Motivasi Perkuliahan Daring Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) di Masa Pandemi Covid-19

  • Olivia Dwi Cahyani universitas nahdlatul ulama sunan giri
  • Ifa Khoiria Ningrum Pasca Sarjana, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang perlu dimiliki oleh mahasiswa dalam mengikuti proses perbelajaran, terutama pada masa pandemi Covid 19 yang memiliki karakteristik berbeda dengan pembelajaran yang sudah dijalankan sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi perkuliahan daring Mahasiswa PJKR UNUGIRI di masa pandemic covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini mahasiswa PJKR angkatan 2019 berjumlah 56 dengan menggunakan teknik sampling Random Sampling. Instrument dalam penelitian yaitu angket yang disebarkan melalui google form. Skala bertingkat dalam angket ini menggunakan modifikasi skala likert dengan 4 pilihan jawaban, Sangat Sesuai 4, Sesuai 3, Kurang Sesuai 2, Tidak Sesuai 1. Hasil dalam penelitian ini yaitu, motivasi mahasiswa yang masih tinggi dalam mengikuti perkuliahan meskipun dalam kondisi daring, motivasi dalam kategori sangat tinggi 50%, motivasi dalam kategori tinggi 50%. Kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah untuk mahasiswa tetap mempertahankan motivasinya dalam perkuliahan daring agar dapat mendapatkan nilai yang tinggi di akhir semester. Maka dengan tingginya Motivasi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi dalam mengikuti perkuliahan daring di Universittas Nahdlatul Ulama SUnan Giri, pihak kampus dan dosen harus terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan semakin baik dan memberi dampak yang signifikan dalam mempersiapkan ketrampilan mengajar mahasiswa

References

AM, B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia J Ilm Pendidik, 2(1), 208–218.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.Bumi Aksara

Azizah, S. N. (2015). Peningkatan konsentrasi dan hasil belajar IPA melalui mind mapping siswa kelas V SDN Jomblangan. BASIC EDUCATION, 4(5).

Brolpito, A. (2018). Digital Skills and Competence, and Digital and Online Learning. European Training Foundation.

Candra Dewi, N. K. A. T., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Motivasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Olahraga Dan Kesehatan Menjaga Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.29573

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83–93.

Helmi, B. (2016). Penerapan variasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pukulan forehand drive permainan tenis meja pada siswa kelas viii madrasah tsanawiyah al abraar perusahaan terbatas perkebunan nusantara ii tandem hilir i tahun ajaran 2015/2016. Journal Info, 4(2).

Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Research Report.

Johnes, J., Portela, M., & Thanassoulis, E. (2017). Efficiency in education. Journal of the Operational Research Society, Vol. 68, pp. 331–338. Taylor & Francis.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160.

Odacı, H., & Kalkan, M. (2010). Problematic Internet use, loneliness and dating anxiety among young adult university students. Computers & Education, 55(3), 1091–1097.

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah, 4(1), 49–56.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. SCU Knowledge Media.

Soemardiawan, S., Hermansyah, H., Salabi, M., Nurdin, N., Kesuma, L. S. W., & Jamaludin, J. (2021). Gerakan masyarakat hidup sehat melalui kegiatan olah raga di masa adaptasi kebiasaan baru. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 137–145.

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung

Taufik, M. S. (2019). Meningkatkan teknik dasar dribbling sepakbola melalui modifikasi permainan. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreaksi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Suryakancana, 8(1).

Wilson, A. (2020). Penerapan metode pembelajaran daring (online) melalui aplikasi berbasis android saat pandemi global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Yan, L., Chen, L., Zhao, X., & Yan, X. (2020). pH switchable nanoplatform for in vivo persistent luminescence imaging and precise photothermal therapy of bacterial infection. Advanced Functional Materials, 30(14), 1909042.
Published
2023-04-30
How to Cite
CAHYANI, Olivia Dwi; NINGRUM, Ifa Khoiria. Survei Motivasi Perkuliahan Daring Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) di Masa Pandemi Covid-19. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 145-154, apr. 2023. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/5689>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.5689.