Pengembangan Modul Guru Pada Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif untuk SMALB

  • Rama Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Febrita Paulina Heynoek Universitas Negeri Malang
  • Alfitri Winda Wijayanti Universitas Negeri Malang

Abstract

Kondisi saat ini dibeberapa sekolah masih sebagian kecil guru yang menggunakan modul sebagai alat bantu mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul guru pada pembelajaran pendidikan jasmani adaptif materi variasi dan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif kelas X SMALB autis. Rancangan penelitian dan pengembangan ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode Research and Development menggunakan model ADDIE. Terdapat 5 langkah penelitian yaitu Analyze, Design, Develop, implement dan Evaluate. Subjek pada penelitian ini terdiri dari 9 siswa autis kelas X SMALB serta 18 guru. Penelitian ini dilakukan uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Terdapat presentase hasil uji coba kelompok kecil yaitu 88% termasuk dalam kategori sangat valid dan presentase hasil uji coba kelompok besar yaitu 94% termasuk dalam kategori sangat valid. Selanjutnya modul guru pada pembelajaran pendidikan jasmani adaptif materi variasi dan kombinasi gerak lokomotor dan manipulatif kelas X SMALB autis layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran

References

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Cipta Media.

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan, 2(1).

Arif, A. Z., & Nurrochmah, S. (2021). Study of Locomotor Movement Ability. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan KesehatanProsiding Seminar Nasinoal “Peran Sport Science Pada Masa Pandemi Covid-19,” 27–40.

Astuti, W., Friansah, D., & Salman, E. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Lubuklinggau. Jurnal LP3MKIL, 1(2), 77–99.

Ataji, H. K., & Sutanto, A. (2020). Analisis Pentingnya Pengembangan Modul Berbasis Video Assistant Menggunakan Link Qr Code Tentegrasi Alquran dan Hadis Materi SMA Sistem Reproduksi Manusia. Biolova, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.24127/biolova.v1i1.38

Banoet, J., Kiling-Bunga, B. N., & Kiling, I. Y. (2018). Karakteristik Prososial Anak Autis Usia Dini di Kupang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i1.3470

Branch, R. M. (2019). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York, NY: Springer.

Bremer, E., Balogh, R., & Lloyd, M. (2015). Effectiveness of a fundamental motor skill intervention for 4-year-old children with autism spectrum disorder: A pilot study. Autism : The International Journal of Research and Practice, 19(8), 980–991. https://doi.org/10.1177/1362361314557548

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51–58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Campisi, L., Imran, N., Nazeer, A., Skokauskas, N., & Azeem, M. W. (2018). Autism spectrum disorder. British Medical Bulletin, 127(1), 91–100. https://doi.org/10.1093/bmb/ldy026

Chen, J., Wang, X., Zhang, Z., & Chen, W. (2021). Assessing elementary school students’ manipulative skill competency in china. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(6), 1–9. https://doi.org/10.3390/ijerph18063150

Diana, M., & Suri, F. I. (2018). Modul Pembelajaran Matematika Bernuansa Islami dengan Pendekatan Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1906

Ferreira, J. P., Ghiarone, T., Junior, C. R. C., Furtado, G. E., Carvalho, H. M., Rodrigues, A. M., & Toscano, C. V. A. (2019). Effects of Physical Exercise on the Stereotyped Behavior of Children with Autism. Medicina, 55(10), 685.

Festiawan, R., & Arovah, N. I. (2020). Pengembangan “Buku Saku Pintar Gizi” Untuk Siswa SMP: Alternatif Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Gizi Olahraga. Physical Activity Journal, 1(2), 188. https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2436

Fittipaldi-Wert, J., & Mowling, C. M. (2009). Using Visual Supports for Students With Autism in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 80(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/07303084.2009.10598281

Forestry, S., Kristiyanto, A., & Legowo, E. (2019). Adaptive Physical Education for Children with Special Needs at Lazuardi Kamila Elementary School. Journal of ICSAR, 3(2), 35–37.

Ging, W. G., Din, N. C., & Ahmad, M. (2018). The Development and Feasibility Evaluation of a Module in Improving Functioning of Children With Autism Spectrum Disorder (ASD). Malaysian Journal of Public Health Medicine, 2018(Specialissue1), 146–155.

Haris, F., Welis, W., Taufan, J., Sari, M., & Muspita, R. (2016). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Adaptif Untuk Siswa Sekolah Luar Biasa (Issue July). Eureka Media Aksara.

Hendra, J., & Putra, G. I. (2019). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Bagi Anak Melalui Permainan Olahraga Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 438–444. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.181

Hillier, A., Buckingham, A., & Schena, D. (2020). Physical Activity Among Adults With Autism: Participation, Attitudes, and Barriers. Perceptual and Motor Skills, 127(5), 874–890. https://doi.org/10.1177/0031512520927560

Hirata, S., Nakai, A., Okuzumi, H., Kitajima, Y., Hosobuchi, T., & Kokubun, M. (2015). Motor Skills and Social Impairments in Children With Autism Spectrum Disorders : A Pilot Study Using the Japanese Version of the Developmental Coordination Disorder Questionnaire. Sage Open, 5(3), 6–11. https://doi.org/10.1177/2158244015602518

Kurniawan, D., Suyatna, A., & Suana, W. (2015). Pengembangan Modul Interaktif Menggunakan Learning Content Development System Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(6), 1–10.

Kurniawan, R. (2018). Analisis Gerak Dasar Anak Usia 6-7 Tahun. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 311–320. https://doi.org/10.21009/jpud.122.12

Kurniawan, R., Mu’arifin, Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & Sigit, C. N. (2022). Development of Teacher E-Module for Dynamic Balance Movement for Grade 3 Elementary School with Autism. Proceedings of the 5th International Conference on Sport Science and Health (ICSSH 2021), 45, 98–103. https://doi.org/10.2991/AHSR.K.220203.015

Kurniawan, R., Wibowo, A., & Wijaya, D. (2021). Students’ Interest in Physical Education Learning: Analysis of Internal and External Factors. Journal Sport Area, 6(3), 385–393.

Kusumawati, O., & Nugroho, A. W. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Penjasorkes Melalui Aktivitas Jelajah Alam Sekitar Sekolah (AJASS) Bagi Anak Tunarungu Tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Sekota Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 1–13.

Kuter, B., & Guler, N. (2019). Caries Experience, Oral Disorders, Oral Hygiene Practices and Sociodemographic Characteristics of Autistic Children. European Journal of Paediatric Dentistry, 20(3), 237–241. https://doi.org/10.23804/ejpd.2019.20.03.13

Li-xin, L., Hua-xuan, L., & Bik-Chu, C. (2021). Effects of Physical Exercise in Ameliorating Symptoms of Children with Autism in China: A Meta-Analysis. European Journal of Scientific Research, 159(2), 6–12.

Mahadiraja, D., & Syamsuarnis. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T.P 2019/2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jtev (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 06(01), 77–82.

Mu’arifin, Kurniawan, A. W., Heynoek, F. P., & Kurniawan, R. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Pendidikan Jasmani dalam Merancang Permainan dan Olahraga dalam Situasi Wabah Corona (Covid 19). PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–12.

Muhidin, A., Faruq, U. Al, & Aden. (2018). Booklet Rps & Modul : Manual dan Prosedur Penyusunan dan Penerbitan Modul Kuliah. UNIPAM PRESS.

Novitasari. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (Penjaskes) Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Untuk Kelas II Sd/Mi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nugraha, L., Mahendra, A., & Herdiyana, I. (2018). Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 24. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i2.11935

Pakpahan, P. A., & Sutjahjo, G. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Karyawan dengan Metode Scan Barcode. Zona Komputer, 8(1), 47–55.

Pramantik, I., & Burhaein, E. (2019). A Floor Time Approach to Improve Learning Outcomes of the Body Roll to the Side in Adaptive Physical Education Learning: Classroom Action Research Study on Two Cerebral Palsy Students. International Journal of Disabilities Sports & Health Sciences, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.33438/ijdshs.652061

Radley, K. C., Hanglein, J., & Arak, M. (2016). School-based social skills training for preschool-age children with autism spectrum disorder. Autism : The International Journal of Research and Practice, 20(8), 938–951. https://doi.org/10.1177/1362361315617361

Ritonga, S. A., & Hasibuan, E. J. (2016). Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Autis di SLB Taman Pendidikan Islam (TPI). JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 2(2), 188–199. https://doi.org/10.31289/simbollika.v2i2.1030

Saifuddin, H., Priadana, B. W., & Ramadhan, N. (2021). Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di Bojonegoro. Physical Activity Journal, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4814

Sari, E. F. N., Sujarwo, & Sukiri, S. (2019). Basic Locomotor Movement of First Grade Students of Elementary School. Proceedings of the 5th International Conference on Physical Education, Sport, and Health (ACPES 2019), 187–191. https://doi.org/10.2991/ACPES-19.2019.42

Sari, Farida, F., & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.24

Sirate, S. F. S., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316–335.

Stoeger, H., & Ziegler, A. (2013). Deficits in fine motor skills and their influence on persistence among gifted elementary school pupils. Gifted Education International, 29(1), 28–42. https://doi.org/10.1177/0261429412440649

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In ALFABETA. Alfabeta.

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta Siswa dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56.

Sydoruk, I., Grygus, I., Podolіanchuk, I., Ostrowska, M., Napierała, M., Hagner-derengowska, M., Kałużny, K., Muszkieta, R., Zukow, W., Smolenska, O., & Dariusz Skalski. (2021). Adaptive physical education for children with the Down syndrome. Journal of Physical Education and Sport, 21(5), 2790–2795. https://doi.org/10.7752/jpes.2021.s5371

Taufan, J., Fitri, R., & Rafmateti, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Siswa Tunarungu di SLB Negeri 2 Padang Melalui Penugasan Dosen di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 3(2), 31–34. https://doi.org/10.24036/jpkk.v3i2.546

Wiley, D., & Cory, A. (2013). Physical Education for Students With Special Needs. Encyclopedia of School Health, 178(ICoIE 2018), 44–48. https://doi.org/10.4135/9781452276250.n180

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156.
Published
2022-04-29
How to Cite
KURNIAWAN, Rama; HEYNOEK, Febrita Paulina; WIJAYANTI, Alfitri Winda. Pengembangan Modul Guru Pada Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Lokomotor dan Manipulatif untuk SMALB. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 141-160, apr. 2022. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/5480>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.3.2.5480.