Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua: Apakah Mempengaruhi Hasil Belajar pada Masa Pandemi Covid-19?

  • Iyakrus Iyakrus Pendidikan Olahraga, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Ibrahim Mikail Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Meirizal Usra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Waluyo Waluyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya
  • Wahyu Indra Bayu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil pembelajaran daring  mata pelajaran PJOK saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri 38 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi. Dengan sampel sebanyak 60 peserta didik kelas VII (L: 31, P: 29), serta pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan perhatian orang tuan mempengaruhi hasil belajar (rxy: 0,82, p<0,05; rxy: 0,708, p<0,05). Simpulan penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan perhatian orang tua dengan hasil pembelajaran daring mata pelajaran PJOK saat pandemi Covid-19 di SMP Negeri 38 Palembang

References

Aboagye, E., Yawson, J. A., & Appiah, K. N. (2020). COVID-19 and E-Learning: the Challenges of Students in Tertiary Institutions. Social Education Research, 2(1), 109–115. https://doi.org/10.37256/ser.122020422

Adhikari, S. P., Meng, S., Wu, Y. J., Mao, Y. P., Ye, R. X., Wang, Q. Z., Sun, C., Sylvia, S., Rozelle, S., Raat, H., & Zhou, H. (2020). Epidemiology, causes, clinical manifestation and diagnosis, prevention and control of coronavirus disease (COVID-19) during the early outbreak period: A scoping review. Infectious Diseases of Poverty, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40249-020-00646-x

Arif, M. I., & Setyawan, R. (2022). Respons peserta didik dan orang tuan terhadap pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.255

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/JP.V7I4.2941

Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75

Bayu, W. (2021). Pelatihan pengelolalaan pembelajaran jarak jauh bagi guru pendidikan jasmani. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–28. http://journal2.um.ac.id/index.php/promotif/article/view/22259
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. https://doi.org/10.18415/IJMMU.V7I6.1833

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.445

Darisman, E. K., Prasetiyo, R., & Bayu, W. I. (2021). Belajar Psikologi Olahraga Sebuah Teori dan Aplikasi Dalam Olahraga. Jakad Media Publishing.

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Grijalva-Quiñonez, C. S., Valdés-Cuervo, A. A., Parra-Pérez, L. G., & García Vázquez, F. I. (2020). Parental involvement in mexican elementary students’ homework: Its relation with academic self-efficacy, self-regulated learning, and academic achievement. Psicologia Educativa, 26(2), 129–136. https://doi.org/10.5093/PSED2020A5

Guan, W., Ni, Z., Hu, Y., Liang, W., Ou, C., He, J., Liu, L., Shan, H., Lei, C., Hui, D. S. C., Du, B., Li, L., Zeng, G., Yuen, K.-Y., Chen, R., Tang, C., Wang, T., Chen, P., Xiang, J., … Zhong, N. (2020). Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China. New England Journal of Medicine, 382(18), 1708–1720. https://doi.org/10.1056/nejmoa2002032

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Juliawan, I. W., Bawa, P. W., & Qondias, D. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 157–169. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i2.342
Khasanah, N., & Muhammad, H. N. (2021). Respon orang tua siswa terhadap pembelajaran daring khususnya mata pelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 259–261. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38185

Komarudin. (2016). Penilaian hasil belajar pendidikan jasmani dan olahraga. Remaja Rosdakarya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1135117#

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140

Rahman, T., Hasan Basri, M., & Mashuri, H. (2021). Respon mahasiswa terhadap perkuliahan online. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(2), 155–168. https://doi.org/10.36706/ALTIUS.V10I2.15217

Ramadhani, D., Mahardika, I. M. S., & Indahwati, N. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv - Vi Sd Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1817

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Asdi Mahasatya.

Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), 687. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8

Tilp, M., & Thaller, S. (2020). Covid-19 Has Turned Home Advantage Into Home Disadvantage in the German Soccer Bundesliga. Frontiers in Sports and Active Living, 2(November), 1–10. https://doi.org/10.3389/fspor.2020.593499

Xiao, H., Shu, W., Li, M., Li, Z., Tao, F., Wu, X., Yu, Y., Meng, H., Vermund, S. H., & Hu, Y. (2020). Social distancing among medical students during the 2019 coronavirus disease pandemic in china: Disease awareness, anxiety disorder, depression, and behavioral activities. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(14), 1–13. https://doi.org/10.3390/ijerph17145047
Published
2022-04-29
How to Cite
IYAKRUS, Iyakrus et al. Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua: Apakah Mempengaruhi Hasil Belajar pada Masa Pandemi Covid-19?. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 129-140, apr. 2022. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/5459>. Date accessed: 30 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.3.2.5459.