Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli

  • Budi Priyadi MTs Negeri 5 Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kesulitan untuk memecahkan permasalahan teknik dasar service dalam pembelajaran bola voli. Kurikulum 2013 menganjurkan menerapkan sebuah model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar siswa pada materi permainan bola voli teknik dasar service dengan menggunakan model problem based learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi sebanyak 1025 siswa MTs Negeri 5 Kuningan, sedangkan sampel 32 siswa kelas IX.2. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu tes service bola voli. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan ms. Excel untuk mengetahui peningkatan keterampilan service disetiap siklus Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model PBL secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar service bola voli. Penelitian lebih lanjut bisa menggunakan model pembelajaran saintifik lainnya sebagai bahan perbandingan terhadap efektivitas hasil belajar permainan bola voli

References

Amir, M. T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Barrows, H. (1996). New Direction for Teaching and Learning “ProblemBased Learning in Medichine and Beyond; Abrief Overview.” University School of Medicine: Jossey Bass Publishers.

Edens, K. M. (2000). Preparing problem solvers for the 21st century trhough problem-based learning. College Teaching, 48(2), 55–60.

EdVisions. (2007). dVisions Schools ©2006- 2007 Edvision.

Ejin, S. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 1(1), 65–71.

Graham, R. (2010). UK approaches to engineering project-based learning. From Bernard M. Gordon MIT Engineering Leadership Program : Http:/Www.Rhgraham.Org/RHG/Recent_publications_files/MIT%20White%20Paper%20-%20UK%20PjBL%20April%202010.Pdf.

Graham, R. (2012). chieving excellence in engineering education: the ingredients of successful change. London: The Royal Academy of Engineering.

Haigt, W., Kelly, R. , & Bogda, B. (2005). roject-based learning: a natural fit with discance education. Online classroom. Academic Search Complete database.

Hamzah, B., & Hadiana, O. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Passing Dalam Permainan Futsal. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 1. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.210

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP/MTs. Jakarta.

Kemendikbud. (2017). Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniawan, S. K., Rachman, A., & Indahwati, N. (2021). Pengembangan Permainan Bola Besar (Bolavoli) Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Putri. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 49–56. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1692

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24

Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem based learning. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), 171 – 182.

Nurhasan. (2007). Tes dan Pengukuran Olahraga. Bandung: FPOK UPI.

Prayoga, M. F. (2021). Edu Sportivo. 2(1), 21–26.

Republik, D. R. [Departemen P. N. I. (2003). Standar Kompetensi: Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Slough, S. W., & Milam, J. O. (2013). Theoretical framework for the design of STEM project based learning. In R. M. Capraro, Capraro, M. M., & Morgan, J. , STEM project-based learning: an integrated science, technology, engineering, and mathematics (STEM) approach (pp. 15-27). Rotterdam: The Netherland: Sense.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (18th ed.). Bandung: Alfabeta.

Susanti, A. E, & Suwu, S. E. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX dalam Pelajaran Ekonomi. Jurnal POLYGLOT, 12(1), 66–81.

Suzianto, & Damanik, S. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas Viii-2 Smp Negeri 27 Medan Tp. 2018/2019. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 18(1), 14–24. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/14302

Tan, O. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century, thompson Learning.

Wagner, T. (2008). The global achievement gap: why even our best schools don’t teach the new survival skills our children need-and what we can do about it. New York: Basic Books.

Wee Keng, M. A. K. (2002). Authentic Problem Based learning: Rewriting Business Education. Prentice Hall.

Woods, D. R. (1996). Problem-based learning for large classes in chemical engineering. Bringing problem-based learning.

Yudiana, Y. (2015). Implementasi Model Pendekatan Taktik dan Teknik dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli pada Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama. Kajian Pendidikan, 5(1), 95–114.
Published
2021-10-31
How to Cite
PRIYADI, Budi. Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 41-54, oct. 2021. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/4774>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4774.