Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jauh

  • I Komang Adi Palgunadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Putu Citra Permana Dewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • Kadek Dian Vanagosi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia
  • I Made Bagia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia

Abstract

Gaya lompatan dalam pembelajaran lompat jauh masing-masing memiliki karakteristik dan tingkat kesulitan yang berbeda untuk dipelajari. Faktor kognitif siswa memberikan kontribusi dalam memahami teknik berlari, menolak dan mendarat dalam lompat jauh. Observasi awal yang dilakukan di kelas VIII D SMP Negeri 1 Sawan belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Permasalahan yang terjadi proses pembelajaran masih individu dan waktu koreksi dari guru yang minim. Sehingga perlu model pembelajaran yang menempatkan siswa dengan kemampuan berbeda-beda dalam kelompok belajar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar lompat jauh pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2019/2020 dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pelaksanaan penelitian dalam 2 siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian 37 siswa, terdiri dari 16 siswa putra dan 21 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar lompat jauh secara klasikal 89,18%. Sedangkan pada siklus II menunjukkan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar teknik dasar lompat jauh secara klasikal 94,59%. Kesimpulan penelitian bahwa hasil belajar teknik dasar lompat jauh meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Sawan tahun pelajaran 2019/2020

References

Ardianto, F. (2017). Meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara melalui model pembelajaran team assisted individualization pada siswa kelas XI IIS 3 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun pelajaran 2016/2017.

Asma, N. (2006). Model pembelajaran kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Bari, T. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 5 Kota Tanjung Balai Tahun Ajaran 2017/2018. UNIMED.

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/xzh3g

Cahyaningsih, S. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bola Basket pada Peserta Didik Kelas VII G SMP N 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djumidar. (2007). Gerak-gerak Dasar Atletik dalam Bermain. Jakarta: Rajawali Sport.

Eddy Purnomo, D. (2011). Dasar–Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: Allamedia.

Indrawathi, N. L. P., Dewi, P. C. P., Widiantari, N. L. G., & Vanagosi, K. D. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 239–247.

Ishak, M., & Supriadi, D. (2018). Peningkatan Teknik Shooting Melalui Model Pembelajaran TAI. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(2), 59–68.

Iskandar, D. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Ihya Media.

Kanca, I. N. (2010). Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan jasmani dan Olahraga. Singaraja: Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Pendidikan Ilmu Keolahragaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Pair Share.

Kresnayadi, I. P. E., Rusitayanti, N. W. A., Sumerta, I. K., Ariawati, N. W., Sudiarta, I. G. N., & Bagia, I. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 5(2), 82–88.

Miftahul, H. (2011). Cooperatif Learning. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyanto, R. (2014). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI Sumedang Press.

Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., … Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1785–1793. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205

Nurhasan. (1990). Tes dan Pengukuran dalam Penjas serta Prinsip-Prinsip Pelaksanaannya. Jakarta: Depdikbud.

Palgunadi, I. K. A., & Putra, I. G. N. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Menggiring Bola Pada Siswa Kelas VIII K SMP Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2018/2019. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 588–593.

Rosdiani, D. (2012). Model pembelajaran langsung dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa Media, 236.

Sugiyanto, H. (2010). Model-model pembelajaran inovatif. Surakrta: Yuma Pustaka.

Syarifuddin, A. (1997). Penjasorkes dan Kesehatan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trimantara, I. K. B. B. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pjok Melalui Implementasi Model Pembelajaran Tai Pada Siswa Kelas V SD Negeri 9 Subagan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1).
Published
2021-04-30
How to Cite
PALGUNADI, I Komang Adi et al. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Jauh. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 216-228, apr. 2021. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/4055>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4055.