Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai

  • Mabrur Mabrur Prodi PJKR STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu
  • Anang Setiawan Prodi PJKR STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu
  • Mochamad Zakky Mubarok Prodi PJKR STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu

Abstract

Model pembelajaran menjadi aspek penting dalam mendukung keberhasilan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjas di sekolah, khususnya pada mata pelajajaran senam lantai di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar teknik dasar guling depan senam lantai secara ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest postest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja. Pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI UPTD SDN 4 Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling maka didapat 35 siswa sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil senam lantai guling depan yaitu untuk pretest sebesar 26,9 dan posttest 34,8. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa tes guling depan senam lantai berada dalam kategori baik 25,71%, kategori cukup 45,72% dan kategori kurang 28,57%. Dengan demikian hasil tes pada siswa berada dalam kategori cukup. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu perlu diperhatikan tingkat keterampilan motorik siswa dan membandingkan penggunaan model pembelajaran lain yang lebih sesuai

References

Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan.

Ashandika, D. (2014). Penerapan Media Bantu Untuk Meningkatkan Keterampilan Guling Depan Senam Lantai Pada Siswa Kelas V A SDN 1 Kota Bengkulu. Skripsi: UNB.

Bagastya, D. A., & Indriarsa, N. (2014). Perbandingan model pembelajaran direct instruction (DI) dan problem base instruction (PBI) terhadap hasil belajar passing melambung sepak bola kelas IX SMPN 1 Sugio Lamongan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2.

Bayraktar, G. (2011). The effect of cooperative learning on students approach to general gymnastics course and academic achievements. Educational Research and Reviews, 6(1), 62–71.

Budi, D. R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Senam di Masa Pandemi Covid 19 Berbasis e-Learning Eldiru. 1–7. https://doi.org/10.31219/osf.io/qtb46

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2021). Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/xzh3g

Candra, S. W., & Firmansyah, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) dan Model Pembelajaran Inkuiri (Indirect Intruction) Terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Senam di SMAN 1 Haurgeulis. Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/23807/

Fajar, M. (2017). Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664

Ginanjar, A. (2016a). Modul Implementasi Praktis Model-model Pembelajaram Pendidikan Jasmani. Indramayu: STKIP NU Indramayu.

Ginanjar, A. (2016b). Modul Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Indramayu: STKIP NU Indramayu.

Irsanto, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Gerakan Roll Belakang Dengan Menggunakan Alat Bantu Spon Dan Karet Ban Dalam Sepeda Motor Pada Siswa Sd Negeri Srondol 02 Kota Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 4(6), 1845–1854.

Margono, A. (2009). Senam. Surakrta: UNS Press.

Mirawati, B., & Royani, I. (2019). Pengembangan LKS Biologi SMA Berbasis Praktikum dengan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Urnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 88–95. https://doi.org/https://doi.org/10.36312/e- saintika.v3i2.152

Mustafa, P. ., & Dwiyog, W. . (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA, 3(2), 422–438.

Nigerukebede, D. (2016). Identifying Obstructs That Affect the Effectiveness of Grade 12th Students Performance on the Practical Class of Apparatus Gymnastic Activities in Adet Preparatory School. IOSR Journal of Sports and Physical Education (IOSR-JSPE), 3(6), 51–56.

Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., … Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1785–1793. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205

Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1998

Rahayu, D. W. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceedings of the ICECRS, 1(3), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1372

Ruslan, R., & Huda, M. S. (2019). Penerapan Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Guling Depan (Forward Roll). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 2(1), 10. https://doi.org/10.31851/hon.v2i1.2461

Sapto, A. (2018). Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam. Malang.

Saputra, H. (2020). Model Pembelajaran Direct Intruction Dan Model Pembelajaran Tgt Teams Games Tournament Terhadap Peningkatan Kemampuan Keterampilan Lay-Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas Xi Smk Pasundan 1 Cianjur. Maenpo, 8(2), 16. https://doi.org/10.35194/jm.v8i2.925

Sari, W. K. S., Sugiarto, T., & Purnami, S. (2003). Rangkaian Gerakan Senam Sederhana Siswa Kelas VIII di SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1). Retrieved from https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7726.g3545

Satrianto, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Dengan Menggunakan Modifikasi Bolavoli Mini Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2.

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Suherlan, E. (2019). Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand (Tenis Meja) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Cipaku Kecamatan Sukaraja. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). https://doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7889

Suherman, A. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang Warli Artika.

Sumardiyanto. (2016). Pengaruh Model Peer Teaching dan Model Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Dasar Senam Lantai dan Self Efficacy Siswa. Tesis. UPI: Bandung.

Syaiku, A. (2010). Seri Olahraga Senam. Bogor: CV. Kaldera.

Wahyu Heny Kartika Sari, Tatok Sugiarto, S. P. (2016). Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Rangkaian Sederhana Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 ngoro Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Jasmani.

Wardana, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Passing Pada Permainan Sepak bola Melalui Metode Pembelajaran Langsung Siswa Kelas V SDN Tulangan Ii Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3.

Yusuf, Y. (2018). Peningkatan ketrampilan senam lantai siswa kelas VI SDN Dempelan 01 melalui pembelajaran langsung dengan metode JIGSAW. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 54. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2366
Published
2021-04-30
How to Cite
MABRUR, Mabrur; SETIAWAN, Anang; MUBAROK, Mochamad Zakky. Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 193-204, apr. 2021. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/4014>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.2.2.4014.