Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani

  • Dedi Kurnia STKIP Pasundan
  • Rama Adha Septiana Program Studi PJKR, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan, Cimahi

Abstract

Pemanasan merupakan aktivitas penting sebelum melakukan pembelajaran inti dalam pembelajaran penjas. Namun, ketika melakukan pemanasan masih banyak siswa yang melakukannya dengan seadanya dan kadang ada yang tidak mengikutinya dengan alasan bosan dengan gerakannya. Adanya modifikasi pemanasan dengan permainan kecil perlu dilakukan agar siswa berminat untuk mengikuti pembelajaran penjas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permainan kecil sebagai bentuk pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Populasi sebanyak 128 kelas VIII SMPN 1 Sucinaraja, Kabupaten Garut. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 38 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan angket minat yang sudah diuji validitas dan reliabilitany dengan p=0.88. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada implementasi permainan kecil sebagai bentuk pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani yang ditunjukan dengan uji signifikansi dengan uji T dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa T tabel dengan dk (n-2) = 36 yaitu 1,688 lebih kecil dari T hitung sebesar 434,934 ( 1,688 <  434,934). Modifikasi permainan kecil sebagai pemanasan harus tetap dilakukan dan diperbaharui untuk menjaga minat siswa ketika belajar penjas.

References

Afandi, M. W., & Hartati, S. C. Y. (2017). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Mi Nahdlatul Ulama Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(2), 253–259.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Azi Faiz Ridlo. (2018). Pengaruh Metode Latihan Small Sided Game Terhadap Kemampuan Passing-Stopping Permainan Sepakbola. IX(2), 116–121.

Balázs, F., Susan, C., & Henriette, D. (n.d.). Satisfaction and preferences of PE students and the head of the PE department : meeting the new curricular expectations. 11(1), 1–18. https://doi.org/10.14198/jhse.2016.111.01

Barba-mart, A., Bores-garc, D., & Hortigüela-alcal, D. (n.d.). The Application of the Teaching Games for Understanding in Physical Education . Systematic Review of the Last Six Years.

Blegur, J. (2019). Permainan Kecil: Teori Dan Aplikasi. https://doi.org/10.31227/osf.io/dnvfe

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., & Stephani, M. R. (2019). The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.56

Budiman. (2017). Jurnal Olahraga. Jurnal Olahraga, 3(2), 67–74.

Endratmo Dwi, E., & Hartati, S. (2013). BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI. 01, 562–564.

Friskawati, G. F., Widaningsih, S., & Illahi, R. (2019). Observing student’s situational interest based on the implementation of reward and punishment in physical education. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(2), 198–214.

Gustiwati, R. (2017). Resty Gustiawati; Dosen Prodi PJKR FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang 50`Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Riset Physical Education, 8(Vol 8 No 1 (2017): Motion: Jurnal Research Physical Education), 50–58.

Kiswantoko, D., & Wijaya, M. R. A. (2018). Perbandingan Pemanasan Bermain Dan Pemanasan Classic ( Statis Dan Dinamis ) Terhadap Minat Dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada Pada Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Kota Sukabumi Tahun 2018. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani, 1(1), 65–68.

Musitoh, & Rizal, M. R. (2018). Pengaruh Pemanasan Menggunakan Permainan. Ibtida’i, 5(01), 161–174.

Nur, L., Malik, A. A., Juditya, S., Kastrena, E., Widyawan, D., Agustan, B., Budi, D. R., Ardha, M. A. Al, & Yang, C. B. (2020). Comparison of two types of instruction in physical education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300205

Qohhar, Wildan.; Pazriansyah, D. (2019). Physical activity journal. 1(2011), 51–60. https://doi.org/https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005

Sovensi, E. (2018). Pelaksanaan Modifikasi Permainan Kecil dalam Pembelajaran Penjasorkes. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 96–107. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.159

Tanni, Z. A. (2012). Using Games to Promote Students ’ Motivation towards Learning English Ahmed Awad Amin Mahmoud.

Yudanto. (2011). Model Pemanasan Dalam Bentuk Bermain Pada Pembelajaran Sepakbola Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
Published
2020-10-30
How to Cite
KURNIA, Dedi; SEPTIANA, Rama Adha. Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 90-99, oct. 2020. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/3302>. Date accessed: 13 may 2021. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.2.1.3302.