Perbandingan Gaya Mengajar Terhadap Hasil Shooting Bola Basket

  • Harry Wibowo Sampurno Program Studi PJKR STKIP Situs Banten
  • Wildan Qohhar Program Studi PJKR STKIP Situs Banten

Abstract

Latarbelakang penelitian ini yaitu karena adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil shooting bola basket yang diasumsikan karena keterampilan guru masih kurang dalam menggunakan berbagai variasi dalam gaya mengajar, sehingga harus dicarikan solusi mengenai gaya mengajar yang tepat untuk diterapkan dalam upaya meningkatkan hasil shooting bola basket. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswi kelas XI SMK Pelita Bandung dengan jumlah 205 orang. Sampel penelitian sebanyak 40 orang siswa dengan menggunakan teknik Propotional Randomized Sampling. Kemudian sampel secara acak dibagi menjadi dua kelompok yaitu Kelompok A diajar menggunakan gaya komando dan kelompok B diajar menggunakan gaya discovery. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes memasukkan bola ke dalam ring basket. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji Hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya mengajar komando dan discovery memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil shooting bola basket di SMK. Akan tetapi, berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa gaya mengajar discovery memberikan pengaruh lebih besar dibandingkan dengan gaya mengajar komando terhadap hasil shooting bola basket. Dapat disimpulkan bahwa untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran shooting di SMK, disarankan bagi guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan gaya mengajar discovery atau gaya mengajar lain yang melibatkan anak untuk bergerak aktif serta berpikir kritis dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar anak dapat optimal.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bachtiar, & Syahridan, M. F. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Komando Terhadap Hasil Belajar Passing Menggunakan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Futsal di SMPN 6 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan Jasman UMMI, 1(1).

Budi, D. R., Hidayat, R., & Febriani, A. R. (2019). The Application of Tactical Approaches in Learning Handballs. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v4i2.534

Candra, O. (2017). Pengaruh Metode Kooperatif Terhadap Keterampilan Bermain Bolabasket Pada Siswa Puteri Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pekanbaru. JOURNAL SPORT AREA, 45-52.
Hanief, Y. N. (2015). Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot Bola Basket Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Tangan. Efektor (E). https://doi.org/10.29407/E.V2I2.69

Indra, A. M. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Schnepper. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(1), 36–47. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v2i1.654

Mulyana, F. R. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Stut Senam Lantai. JOURNAL SPORT AREA. https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(1).454

Mutaqin, A. Z., Mujianto, S., & Lukmanul. (2017). Implementasi Pembelajaran Basketball Like Games Untuk Mengembangkan Pola Gerak Dasar Lempar dan Tangkap Pada Pembelajaran Permainan Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(2), 87-91.

Nurhasan. (2007). Tes dan pengukuran pendidikan olahraga. Diklat FPOK UPI.

Nurina, T., & Sukoco, P. (2014). Upaya Peningkatan Karakter Siswa SMA Dalam Permainan Bola Basket Melalui Model TPSR. Jurnal Keolahragaan. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2605

Oliver, jon. (2007). Dasar-Dasar Basket. Bandung: PT. Intan Sejati.

Pamuji, R. (2013). Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Dalam Permainan Bola Basket. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1).

Patryansyah, R. (2017). Penerapan Gaya Mengajar Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keteramppilan Bermain Bola Basket (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas V di SDN Gegerkalong Girang 1-2 Kota Bandung ). Universitas Pendidikan Indonesia.

PERBASI. (2006). Peraturan bolabasket.Jakarta

Ponidin, Riyadi, D. N., & Aridhotul, H. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Servis Atas Bola Voli. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.311.3

Putra, H. B., Asim, A., & Hariyanto, E. (2017). Perbedaan Pengaruh Gaya Mengajar Komando Dengan Gaya Mengajar Latihan Terhadap Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Permainan Bola Voli Kelas X Madrasah. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. https://doi.org/10.17977/um040v1i2p252-261

Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27–35. https://doi.org/doi:10.32424/1.paju.2019.1.1.1998

Rahayu, P., Rahayu, T., & Rifai, R. A. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Latihan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Hasil Pembelajaran Dribbling Bola Basket. Journal of Physical Education and Sports, 6(2).

Rahmi Stephani, M., Suherman, A., & Mulyana, R. B. (2014). Pengaruh Model Pembelajran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Bermain Bola Basket. Edusentris. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.142

Rustanto, H. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Shooting Bola Basket Dengan Menggunakan Media Gambar. Pendidikan Olahraga.

Saputra, T. Y., Kanca, I. N., & Lesmana, K. Y. P. (2017). Implementasi Kooperatif Nht Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Passing Bolabasket. E-Journal PJKR Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2).

Setiawahyu, M. I. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.45

Singgih, M. J. P. (2019). Implementasi Gaya Mengajar Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Soccer Like Games Siswa Sekolah Dasar. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(1), 1–7. https://doi.org/DOI : 10.17509/tegar.v3i1.20406

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv. Alfabeta.

Winata, D. C. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Dalam Bola Voli Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Amal Bakti Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 7(2).
Published
2020-04-28
How to Cite
SAMPURNO, Harry Wibowo; QOHHAR, Wildan. Perbandingan Gaya Mengajar Terhadap Hasil Shooting Bola Basket. Physical Activity Journal, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 142-152, apr. 2020. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/2493>. Date accessed: 12 july 2020. doi: https://doi.org/10.32424/1.paju.2020.1.2.2493.