Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Loncat Katak Pada Siswa Sekolah Dasar

  • Ibnu Sina Program Studi PJKR STKIP Situs Banten
  • Endri Pelariyanto Program Studi PJKR STKIP Situs Banten

Abstract

Pembelajaran atletik di Sekolah Dasar memiliki bentuk berbeda dengan pola pembelajaran di SMP maupun SMA. Di Sekolah Dasar, atletik diajarkan dalam bentuk permainan Kids Athletic yang terdiri dari berbagai gerakan berlari, melempar dan meloncat. Materi meloncat diajarkan dalam bentuk Loncat Katak melalui berbagai metode pengajaran maupun metode latihan. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh latihan loncat tali terhadap hasil loncat katak pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian mengunakan metode quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu SD Negeri Simpang Tiga kelas V, sedangkan sampel yaitu SD Negeri Simpang Tiga kelas VB dengan jumlah 18 siswa putra dan 21 siswa putri total sampel yaitu 39 siswa, teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes Standing Board Jump (Nurhasan and Cholil 2014) dengan validitas 0,607 dan reliabilitas 0,963. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh latihan skipping terhadap hasil loncat katak siswa kelas V B SD Negeri Simpang Tiga dengan besarnya pengaruh yaitu sebesar 6.66% sedangkan 93.34% merupakan faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu salah satu metode latihan atau pembelajaran yang dapat digunakan bagi siswa Sekolah Dasar untuk meningkatkan hasil loncat katak (standing broad Jump) yaitu metode latihan skipping.

References

Alawiyah, R. T. (2014). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Banten. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 175-184.

Aziz, M., and A. Yudi. 2019. ‘Perbedaan Pengaruh Latihan Pliometrik Dan Kecepatan Lari Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok’. Jurnal Patriot 2(5): 1239–46.

Budi, Didik Rilastiyo, M. Nanang Himawan Kusuma, M. Syafei, and Mesa Rahmi Stephani. 2019. ‘The Analysis of Fundamental Movement Skill in Primary School Student in Mountain Range’.
Dwi, Dicky Reva Apriana Sanga. 2018. ‘Pengaruh Latihan Lari Sprint Di Tanjakan Dan Lompat Tali Terhadap Peningkatan Hasil Lompat Jauh Pada Siswa SMA Negeri 1 Ciwaru’. Jurnal Ilmiah Educater 4(1): 36–44.

Eler, N., & Acar, H. (2018). The effects of the rope jump training program in physical education lessons on strength, speed and VO 2 max in children. Universal Journal of Educational Research, 6(2), 340-345.

Grivedehi, M. B., Nourbakhsh, P., & Sepasi, H. (2014). Effects Of Speedy and Demonstration Jumping-Rope Training on Gross Motor Skills. DAMA International, 3(4), 321-327.

Hindriani, Dita, Sugiyanto Sugiyanto, and Syafrial Syafrial. 2018. ‘Analisis Kemampuan Kids Athletics Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Bengkulu’. KINESTETIK.

IAAF. (2006). Kids’ Athletics : A Team Eevent for Children. International Association of Athletics Federations .

Ilham, Z. 2017. ‘Hubungan Antara Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Hasil Lompat Tinggi Gaya Straddle Siswa Putra Kelas X SMK YPS Prabumulih’. Jurnal Ilmu Keolahragaan 16(1): 12–21.

Johan, Dedi, and Boby Agustan. 2017. ‘Pengaruh Penerapan Sport Education Model (SEM) Terhadap Hasil Belajar Atletik Kids’. JUARA : Jurnal Olahraga 2(1): 26–36.

Kurniyawan, Hafid. 2012. ‘Meningkatkan Hasil Belajar Loncat Katak (Kids Athletic) Melalui Penerapan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SDN Wonowoso Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012’. Jurnal Phederal Penjas 1(1).

Maksum, Ali. 2012. Metodelogi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mardiana, Ade, Purwadi, and W. I. Satya. 2014. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Mudian, Deni. 2018. ‘Pengaruh Latihan Loncat Katak Dan Loncat Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Gaya Jongkok’. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Subang 4(2).

Nurhasan, H, and Hasanudin D Cholil. 2014. Tes Dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Permadi, J. 2015. ‘Pengaruh Peningkatan Latihan Loncat Katak Dan Naik Turun Bangku Terhadap Kemampuan Lompat Jauh’. Jurnal Ilmiah Penjas: 1–12.

Ruliyadi, S. 2015. ‘Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Way Pengubuan Lampung Tengah’. Jurnal Ilmiah Penjas 2(1).

Rumini. 2014. ‘Pembelajaran Permainan Kids Athletics Sebagai Wujud Pengembangan Gerak Dasar Atletik Pada Anak-Anak’. Journal of Physical Education Health and Sport 1(2).

Shandi, Shutan Arie. 2019. ‘Analisis Gerak Motorik Kasar Pada Permainan Lompat Tali Terhadap Prestasi Siswa Putra dalam Lompat Jauh Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Palibelo’. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN.

Sin, Tjung Hauw, and Budi Indra Ruslin. 2018. ‘Optimization of Achievement Motivation to Improve Long Jump Performance’. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education.

Sugiyono. 2016. ‘Memahami Penelitian Kualitatif’. Bandung: Alfabeta.

Syaifudin, Wahyu. 2015. ‘Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Peningkatan Power Otot Tungkai Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Way Pengubuan Lampung Tengah’. Digital Repository Unila.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Trecroci, A., Cavaggioni, L., Caccia, R., & Alberti, G. (2015). Jump rope training: Balance and motor coordination in preadolescent soccer players. Journal of Sports Science and Medicine, 14(2), 798-798
Published
2020-04-28
How to Cite
SINA, Ibnu; PELARIYANTO, Endri. Pengaruh Latihan Skipping Terhadap Hasil Loncat Katak Pada Siswa Sekolah Dasar. Physical Activity Journal (PAJU), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 176-187, apr. 2020. ISSN 2686-5807. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/paju/article/view/2471>. Date accessed: 19 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.20884/1.paju.2020.1.2.2471.