Hiperbola dalam Album Lagu “Selamat Ulang Tahun” Karya Nadin Amizah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

  • Afrinar Pramitasari Universitas Pekalongan

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan gaya bahasa hiperbola dalam album lagu “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah, 2) Mendeskripsikan implikasi hasil analisis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa lirik lagu dari Album “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah yang diduga mengandung hiperbola. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif teori dari Miles dan Hubberman. Dari hasil analisis, ditemukan  43 bentuk hiperbola pada Album Lagu “Selamat Ulang Tahun” yang terdiri atas  beberapa kategori yaitu: Basic hyperbole (5), Composite hyperbole (5), Single-word hyperbole (2), Phrasal hyperbole (7), The Role of Superlatif (21), Comparison (2), Repetition (1). Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa kategori yang paling dominan dalam Album lagu “Selamat Ulang Tahun” karya Nadin Amizah adalah The Role of  Superlatif. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran di SMA sebagai alternatif bahan ajar.


Kata kunci     : Hiperbola, lagu, pembelajaran, bahasa Indonesia


 

Published
2022-06-30
How to Cite
PRAMITASARI, Afrinar. Hiperbola dalam Album Lagu “Selamat Ulang Tahun” Karya Nadin Amizah dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 27-34, june 2022. ISSN 2746-7139. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/5940>. Date accessed: 03 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2022.3.1.5940.
Section
Articles