Implikatur Percakapan dalam Film Orang Kaya Baru sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot Kelas X

  • Widia Siska MaericE Universitas Jenderal Soedirman
  • Dyah Wijayawati Universitas Jenderal Soedirman
  • Bivit Anggoro Prasetyo Nugroho Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan wujud pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan dalam film Orang Kaya Baru, mendeskripsikan makna implikatur yang terkandung dalam film Orang Kaya Baru, dan mendeskripsikan implementasinya dalam pembelajaran teks anekdot. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutannya teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Pada tahap analisis data, peneliti menggunakan metode padan dengan teknik dasar pilah unsur penentu menggunakan daya pilah pragmatis, dan teknik lanjutan hubung banding memperbedakan. Adapun hasil analisis data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis data, terdapat pelanggaran pada setiap maksim dalam prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan. Pelanggaran maksim-maksim tersebut menjadi penyebab munculnya implikatur percakapan dalam film Orang Kaya Baru. Adanya pelanggaran tersebut juga memberikan manfaat bagi pembaca, khususnya siswa. Melalui pemahaman tentang pelanggaran prinsip percakapan, diharapkan pembaca dapat menggunakan prinsip percakapan yang sesuai dalam berkomunikasi.  Pemahaman mengenai implikatur dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran pada Kompetensi Dasar (KD) 3.5 yaitu mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.

Published
2020-08-03
How to Cite
MAERICE, Widia Siska; WIJAYAWATI, Dyah; NUGROHO, Bivit Anggoro Prasetyo. Implikatur Percakapan dalam Film Orang Kaya Baru sebagai Bahan Ajar Teks Anekdot Kelas X. Prawara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-11, aug. 2020. ISSN 2746-7139. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/4325>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.jpbsi.2020.1.1.4325.
Section
Articles