Skrining Fitokimia dan Uji Antibakteri Ekstrak Daun Canar Susu (Smilax macrocarpa Blume) Terhadap Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus epidermidis

  • Lela Lailatul Khumaisah
  • Vina Juliana Anggraeni
  • Muhamad Salman Fareza

Abstract

Smilax adalah salah satu genus Smilacaceae yang banyak dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat karena mengandung berbagai metabolit sekunder dengan beberapa bioaktivitas, seperti anti-inflamasi, antirematik, analgentik, antioksidan, antikanker dan antibakteri. Spesies Smilax yang belum pernah dikaji dan hanya tumbuh di Indonesia adalah Smilax macrocarpa Blume (canar susu). Penelitian bertujuan untuk  mengkaji karakteristik simplisia, kandungan fitokimia, beserta sifat toktsisitas dan antibakterinya dari ekstrak daun tumbuhan ini. Penelitian dilakukan dengan metode ekstraksi menggunakan teknik maserasi dengan pelarut metanol. Selanjutnya terhadap ekstrak S. macrocarpa Blume dilakukan karakteristik simplisia, uji toksisitas dengan metode BSLT, skrining fitokimia menurut metode Harborne, dan uji aktivitas antibakteri menggunakan metode mikrodilusi terhadap bakteri Escherihia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus epidermidis. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa ekstrak metanol daun canar susu mengandung alkaloid, flavonoid, steroid, tanin, terpenoid, saponin dan glikosida. Kadar air, kadar abu, kadar abu tak larut asam, kadar sari air, dan kadar sari alkohol berturut-turut 8,74%; 3,60%; 0,11%; 19,01% dan 5,40%. Hasil toksisitas ekstrak diperoleh nilai LC50 sebesar 680,07 ppm. Pada uji aktivitas antibakteri terhadap E. coli memiliki nilai MIC 625 ppm, sedangkan pada P. aeruginosa dan S. epidermidis ATCC 12228 masing-masing 1.250 ppm. Adapun nilai MBC untuk E. coli, P. aeruginosa dan S. epidermidis ATCC 12228 masing-masing sebesar 5.000 ppm. Dari hasil ini canar susu tidak berpotensi sebagai antibakteri, tetapi bisa berpotensi sebagai biopestisida dilihat dari nilai toksisitasnya. 

Published
2019-03-31
How to Cite
KHUMAISAH, Lela Lailatul; ANGGRAENI, Vina Juliana; FAREZA, Muhamad Salman. Skrining Fitokimia dan Uji Antibakteri Ekstrak Daun Canar Susu (Smilax macrocarpa Blume) Terhadap Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, dan Staphylococcus epidermidis. Acta Pharmaciae Indonesia : Acta Pharm Indo, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 28-35, mar. 2019. ISSN 2621-4520. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/api/article/view/2451>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.api.2019.7.1.2451.