PENGARUH EDUKASI PENGGUNAAN OBAT PADA IBU HAMIL DAN MENYUSUI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KADER POSYANDU DI DESA CENDANA, KUTASARI, PURBALINGGA

  • HANIF NASIATUL BAROROH
  • ESTI DYAH UTAMI
  • LAKSMI MAHARANI
  • IKA MUSTIKANINGTIAS

Abstract

Permasalahan kurangnya pengetahuan tentang penggunaan obat pada ibu hamil dan menyusui masih ditemui diĀ  masyarakat. Edukasi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu tentang penggunaan obat pada ibu hamil dan menyusui. Edukasi dilakukan dengan metode modul, ceramah dan diskusi. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden sebelum dan sesudah edukasi untuk mengevaluasi tingkat pengetahuan peserta. Kuesioner berisi 10 item pertanyaan tertutup terkait pengetahuan penggunaan obat pada ibu hamil dan menyusui. Data dianalisis dengan uji statistik paired t-test. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai pengetahuan kader meningkat 25,73% dari rata-rata nilai pengetahuan awal setelah dilakukan edukasi. Setelah dilakukan edukasi ada peningkatan tingkat pengetahuan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi dengan metode modul, ceramah dan diskusi mampu meningkatkan pengetahuan kader Posyandu.

Published
2019-01-31
How to Cite
BAROROH, HANIF NASIATUL et al. PENGARUH EDUKASI PENGGUNAAN OBAT PADA IBU HAMIL DAN MENYUSUI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KADER POSYANDU DI DESA CENDANA, KUTASARI, PURBALINGGA. Acta Pharmaciae Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 40-45, jan. 2019. ISSN 2621-4520. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/api/article/view/1446>. Date accessed: 21 apr. 2019.