REPRESENTASI NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM FILM PERBURUAN ANALISIS SEMIOTIKA

  • Randy Muhammad Anif Universita Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Film Perburuan merupakan film yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Perburuan. Film menampilkan latar belakang dan kondisi Indonesia di masa perjuangan kemerdekaan menceritakan tentang pasukan PETA (Pembela Tanah Air) yang terdesak ketika berhadapan melawan tentara Jepang, Richard sang penulis naskah menambah kisah dalam film ini dengan memberi gambaran enam bulan lebih awal dari cerita aslinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan paradigma teori kontruksi dan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan Film Perburuan Terdapat 6 scene yang memperlihatkan Representasi Nasionalisme dan Patriotisme dalam Film Perrburuan yang berdurasi 1 jam 38 menit diantara lainnya seperti sebanyak 20 fungsi pelaku makna perjuangan dari 31 fungsi pelaku, 8 karakter oposisi berlawanan yang menggambarkan karakter kebaikan dan kejahatan berdasarkan karakter dalam film, 7 fungsi karakter hanya ada 6 karakter dalam Film Perburuan.

References

Weisarkurnai, B. F, & Nasution, B. (2017). Representasi Pesan Moral dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo (Analisis Semiotika Roland Barthes).
Bulqisa, M. (2021). Transformasi novel perburuan karya pramoedya ananta toer ke dalam film garapan sutradara richard oh: kajian alih wahana/Maulida Bulqisa.
Efendi, I. (2022). Telaah Ekranisasi Novel Perburuan Karya Pramoedya Ananta Toer Ke Dalam Film Perburuan Karya Richard Oh.
Riwu, A, & Pujiati, T. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Film 3 Dara.
Martadi, M. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes pada Poster Film Parasite Versi Negara Inggris.
Published
2023-12-03
How to Cite
ANIF, Randy Muhammad. REPRESENTASI NASIONALISME DAN PATRIOTISME DALAM FILM PERBURUAN ANALISIS SEMIOTIKA. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 1-15, dec. 2023. ISSN 2620-6676. Available at: <http://jos.unsoed.ac.id/index.php/acta_diurna/article/view/7229>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2023.19.2.7229.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.