Pemberdayaan Pengelolaan Pengrajin Gula Kelapa di Karangtengah dengan Digital Marketing
Main Article Content
Abstract
Desa Karangtengah Baturaden merupakan salah satu desa di Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas Provisnisi Jawa Tengah. Desa Karangtengah merupakan daerah struktur vulkanik dan memiliki beberapa aliran sungai, sehingga banyak pohon kelapa yang tumbuh subur. Seiring berkembangnya zaman muncul beberapa permasalahan yang dihadapi mitra antara lain: semakin sedikitnya penderes, manajemen keuangan yang belum baik, dan belum maksimalnya promosi produk. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pemberdayaan ini adalah untuk memberikan pengetahuanpotensi pengolahan gula kelapa, pemahan keuangan sederhana dalam industri kecil dan strategi pemasaran yang lebih luas. Sedangkan target khusus yang ingin dicapai adalah gula kelapa dengan harga yang bersaing dengan segmentasi pasar yang luas. Maka tindakan yang dilakukan adalah melakukan pendampingan proses perhitungan keuangan industri kecil dan pemasaran yakni dengan (1). Mensosialisasikan potensi gula kepala kepada masyarakat di Desa Karangtengah untuk tetap mengembangkan pengolahan gula kelapa (2) Mensosialisasikan digital marketing (3) Mensosialisaikan perhitungan keuangan sederhana, dan (4) Terpublikasikannya hasil pengabdian masyarakat di jurnal ilmiah nasional. Hasil yang ingin dicapai adalah : produk gula kelapa berkualitas dengan segmentasi pasar yang lebih luas dan pengelolaan keuangan uang yang lebih baik.