Pendampingan UMKM : Pengembangan dan Pengelolaan Media Sosial DOI Café Ciamis

Main Article Content

Vendi Irawan Descham Ilham Ramadhan Devia Shinta Mulia Asih

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mendorong kewirausahaan dan memberikan pelatihan keterampilan penggunaan media sosial guna meningkatkan penjualan DOI Caffe di Ciamis. Pengabdian masyarakat ini memberikan bantuan dengan mendorong kewirausahaan dan memberikan keterampilan baru, seperti penggunaan media sosial dan marketplace untuk meningkatkan penjualan. Target utama dari pengabdian masyarakat ini adalah manajemen DOI Cafe. Akibatnya, manajemen menjadi lebih termotivasi untuk menjalankan bisnis, belajar cara menggunakan pemasaran dengan lebih baik, dan mengembangkan inovasi baru yang dapat meningkatkan nilai produk produksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial oleh DOI Café Ciamis telah berhasil meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Platform seperti Instagram dan TikTok digunakan untuk mempromosikan produk, mengorganisir acara, dan berkomunikasi langsung dengan konsumen. Selain itu, manajemen yang responsif terhadap umpan balik pelanggan di media sosial juga memperkuat loyalitas konsumen.

Article Details

How to Cite
IRAWAN, Vendi; RAMADHAN, Descham Ilham; ASIH, Devia Shinta Mulia. Pendampingan UMKM : Pengembangan dan Pengelolaan Media Sosial DOI Café Ciamis. Sinergi Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 35-41, dec. 2024. ISSN 2985-8038. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/siab/article/view/14366>. Date accessed: 22 may 2025. doi: https://doi.org/10.32424/siabdi.v3i2.14366.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.