Digitalisasi Pemasaran Bisnis Cuci Sepatu Vins Cleaning Station

Main Article Content

Alexander Jason Fahmi Arif Kurnia Rahman Rafif Sagita Nugraha

Abstract

UMKM Vins Cleaning Station adalah pelopor layanan cuci sepatu di Purwokerto yang menghadapi tantangan dalam meningkatkan visibilitas digital, memaksimalkan strategi pemasaran, dan mengatasi keterbatasan fasilitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mendampingi UMKM dalam mengoptimalkan kehadirannya di media digital, merancang strategi promosi yang efektif, serta memperbaiki keterbatasan fisik melalui program pendampingan terintegrasi. Metode yang digunakan meliputi pembuatan konten media sosial, pengembangan strategi bisnis, dan kolaborasi dengan komunitas lokal. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam visibilitas digital, keterlibatan audiens, dan pertumbuhan pengikut media sosial. Meskipun demikian, konversi dari audiens digital menjadi konsumen tetap masih rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa optimalisasi pemasaran digital dan strategi branding yang konsisten diperlukan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing UMKM di sektor layanan perawatan sepatu.

Article Details

How to Cite
JASON, Alexander; RAHMAN, Fahmi Arif Kurnia; NUGRAHA, Rafif Sagita. Digitalisasi Pemasaran Bisnis Cuci Sepatu Vins Cleaning Station. Sinergi Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 28-37, june 2025. ISSN 2985-8038. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/siab/article/view/14170>. Date accessed: 20 oct. 2025. doi: https://doi.org/10.32424/siabdi.v4i1.14170.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.