Pengembangan Bank Sampah Dahlia melalui Digitalisasi Manajemen
Main Article Content
Abstract
Bank Sampah Dahlia merupakan salah satu organisasi kelompok sosial masyarakat yang bergerak di bidang ekonomi lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah rumah tangga warga RW 01 Petukangan Selatan, Pesanggarahan – Jakarta Selatan. Saat ini Bank Sampah Dahlia memiliki 13 orang pengurus yang diketuai oleh ibu Aliyah. Keberadaan Bank Sampah Dahlia di lingkungan RW 01 Petukangan Selatan sangat membantu pemerintah kota Jakarta Selatan dalam pengurangan penumpukan sampah ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dan membantu meningkatkan perekonomian ibu-ibu rumah tangga karena memberikan wadah untuk mendaur ulang sampah dengam metode 3R (Reuse, Reduce Recycle). Permasalahan yang dihadapi Bank Sampah Dahlia: 1) Pengurus Bank Sampah didominasi lansia (diatas 50 tahun), sehingga pelaksanaan program kegiatan kurang efektif dan efisien, 2) Pencatatan transaksi masih di lakukan secara manual karena belum terkomputerisasi, sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam pencatatan dan pelaporan keuangan, 3) sampah organik dan anorganik belum dikelola dan dipasarkan secara maksimal. Berdasarkan permasalahan diatas, maka program kemitraan masyarakat ini memberikan solusi dengan cara: 1) Pelatihan kaderisasi dan edukasi terkait pengelolaan sampah yang efektif dan efisien, 2) Pembuatan sistem informasi manajemen Bank Sampah berbasis WEB dan Mobile Application. 3) Pelatihan pemasaran produk daur ulang sampah secara online.