KELAS PERSIAPAN MPASI BAGI IBU HAMIL DAN MENYUSUI BAYI 0-6 BULAN BERBASIS KONSEP FEEDING RULES DAN MPASI KEARIFAN LOKAL

  • Meivita Dewi Purnamasari Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Eni Rahmawati Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Aprilia Kartikasari Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman
  • Nofita Sari Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Periode MPASI merupakan masa yang krusial bagi seorang anak. Proses pengenalan MPASI yang tepat serta praktik yang benar dan memadai akan bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa mendatang termasuk pencegahan kejadian stunting. Periode masa kehamilan dan periode ASI eksklusif dinilai sebagai waktu yang paling tepat memberikan edukasi MPASI sebagai intervensi di level preventif. Tujuan: Penelitian  ini  bertujuan mengidentifikasi kesiapan ibu hamil dan menyusui dalam pemberian MPASI pada bayi meliputi pengetahuan, sikap, dan kecemasan ibu dengan pengenalan konsep  feeding rules  dan MPASI kearifan lokal. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment one group pre-post test design dengan sampel 35 ibu hamil dan menyusui bayi 0-6 bulan. Hasil penelitian: Adanya peningkatan skor pengetahuan, sikap ibu serta penurunan skor kecemasan antara sebelum dan sesudah intervensi kelas persiapan MPASI. Rekomendasi penelitian ini yaitu pentingnya penentuan waktu pendidikan kesehatan yang ditujukan sebagai program pencegahan. Pendidikan  kesehatan  mengenai  ilmu dasar MPASI dan aturan pemberian makan (feeding rules) akan lebih  bermakna jika diberikan kepada ibu sebelum bayi  memasuki masa pemberian  MPASI agar ibu lebih siap dan mampu melakukan pemberian MPASI dengan tepat.

Published
2025-01-01
How to Cite
PURNAMASARI, Meivita Dewi et al. KELAS PERSIAPAN MPASI BAGI IBU HAMIL DAN MENYUSUI BAYI 0-6 BULAN BERBASIS KONSEP FEEDING RULES DAN MPASI KEARIFAN LOKAL. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 1056-1065, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15451>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15451.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.