MENYIBAK TIRAI PERILAKU BULLYING DARI JENDELA SOSIOLOGI

  • Faidah Setyaningsih SMAN 1 Mirit Kabupaten Kebumen Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman
  • Agung Prabowo SMAN 1 Mirit Kabupaten Kebumen Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian tentang perilaku bullying ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus kekerasan dalam bentuk tindak bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying dari sudut pandang sosiologi. Diselesaikan dengan metode studi literatur menggunakan artikel, buku dan berita sebagai sumber analisis kemudian dibuat analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying yang terjadi di sekolah merupakan perilaku menyimpang karena bertentangan dengan nilai dan norma yaitu peraturan yang berlaku di sekolah.  Dalam pandangan sosiologi bullying dapat terjadi karena sosialisasi yang tidak sempurna maupun karena sosialisasi dengan sub budaya menyimpang. Selain itu, dapat juga terjadi karena adanya anomie, asosiasi yang berbeda, dan pemberian label.  Adapun upaya dalam menanggulanginya di antaranya dengan mengoptimalkan peran agen sosialisasi dalam menyampaikan nilai dan norma sosial, penerapan aturan sekolah yang tegas dan penerapan disiplin positif melalui segitiga restitusi.

References

Jurnal
Adiyono, I., dan Rusanti. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3): 649-658.
Ali, F. M. (2021). Peran Sekolah dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa SMA PGRI PALANGKA RAYA. Jurnal Paris Langkis, 2(1): 37-46.
Bu’ulolo, S., Sri, S. L., Zagoto, dan Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Mencegah Bullying Di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Counseling for All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1): 53-62.
Efianingrum, A. (2018). Membaca Realitas Bullying Di Sekolah: Tinjauan Multiperspektif Sosiologi. DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 7(2), 1-12.
Iskandar, A., dan Nur, S. (2023). Kajian Sosiologi terhadap Problematika Bullying dan Kekerasan Seksual di Dunia Pendidikan. Sawerigading Journal of Sociology, 2(1), 1-11.
Janitra, P. A., dan Prasanti, D. (2017). Komunikasi Keluarga dalam Pencegahan Perilaku Bullying bagi Anak. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1): 23-33.
Kusprapto, Wardhani, A. E. K., dan Setyowati, R. N. (2023). Strategi Guru dalam Mencegah Perundungan di Sekolah (School Bullying) pada Peserta Didik di SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2): 13057-13067.
Nurhidayah, N. (2023). Tinjauan Sosiologi Pendidikan terhadap Kekerasan dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 6(1): 9107-9118.
Prastya, D. (2023). Bullying pada Anak sebagai Permasalahan Sosial di Dunia Pendidikan dalam Perspektif Sosiologi. Equality: Journal of Gender, Child and Humanity Studies, 1(1), 25-29.
Siswati, Y., dan Saputra, M. (2023). Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah dalam Mengatasi Fenomena Perundungan di Sekolah Menengah Atas. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(7): 1-10.
Sudardja, A. (2016). Sosiologi Pendidikan, Analisis Sosiologi tentang Praksis Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Buku

Arisandi, H. (2015). Buku Pintar Pemikiran Tokoh-Tokoh Sosiologi dari Klasik Sampai Modern. Yogyakarta: Diva Press.
Idianto, M. (2006). Sosiologi SMA Kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hartono. (2016). Pendidikan Integratif. Purbalingga: Kaldera.
Ritzer, G. dan Goodman, D. J. (2017). Teori Sosiologi, Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir, Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Santoso, A. B. (2007). Dinamika Sosiologi untuk SMA Kelas X. Bandung: Sinergi Pustaka Indonesia.
Syatra, N. Y. (2013). Desain Relasi Guru dan Murid. Yogyakarta: Buku Biru.

Website
https://www.kpai.go.id/publikasi/hardiknasbergerak-serentak-wujudkan-perlindungan-anak-pada-satuan-pendidikan (17 September 2024)
https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/12/16/terjadi-136-kasus-kekerasan-di-sekolah sepanjang-2023 (29 Januari 2024).
Peraturan Perundangan
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022): Disiplin Positif untuk Merdeka Belajar, Strategi Penerapan untuk Jenjang SMA. Jakarta: Kemendikbudristek.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2025-01-01
How to Cite
SETYANINGSIH, Faidah; PRABOWO, Agung. MENYIBAK TIRAI PERILAKU BULLYING DARI JENDELA SOSIOLOGI. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 86-94, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15443>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15443.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.