REFLEKSI DIRI GURU DAN PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU
Abstract
Penelitian ini mengkaji praktik refleksi diri guru, praktik pengawasan kepala sekolah, dan menganalisis adanya kemungkinan menggunakan keduanya untuk meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini untuk menemukan praktik terkini dari refleksi diri guru, pengawasan kepala sekolah, dan mencoba membuat sebuah rancangan penelitian dalam menggunakan keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Data penelitian ini diperoleh dengan proses analisis dari berbagai hasil penelitian bersesuaian yang ada pada literatur artikel ilmiah yang telah dipublikasikan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa refleksi diri guru dan pengawasan kepala sekolah selama ini masih dilakukan secara terpisah, untuk itu perlu penelitian refleksi diri guru dan pengawasan kepala sekolah secara bersamaan untuk mengoptimalkan kinerja guru.
References
Belobrovy, A. (2018). Theories on Self-Reflection in Education. The Asian Conference on Education 2018 Official Conference Proceedings
Chang, B. (2019). Reflection in learning. Online Learning, 23(1), 95-110. doi:10.24059/olj.v23i1.1447
Herlina, Fitria H., dan Puspita Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 276-282
Jatmiko, HTP., dan Putra, RS. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 224-232
Kayman, Arafat, Y. dan Mulyadi. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengawasan Pengawas Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 283-289
Korompot, S. (2023). School Principal Supervision Management in Improving The Competency of Class Teachers at SD Inpres Maliambao. Journal of Social Research, 2(12), 5063-5074Mumtaz, Sh., Rindaningsih, I. dan Hidayatullah. 2023. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru. ACJOURE: Penelitian Jurnal Akademik, 01(01), 48-57
Nawawi, M.S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi, Motivasi, dan Kesejahteraan Guru, serta Pengaruh Ketiganya terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(1), 323-336
Putra, S.P. dan Hariri, H. (2023). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru: Tinjauan Pustaka. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan (Jahidik), 2(2), 63-70
Ritonga, R., Harahap, R., dan Lubis, R.A. (2022). Pelatihan Metode Refleksi bagi Guru Sekolah Penggerak dalam Proses Pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 995-1002
Wahyuni, R. 2020. Refleksi: Pendekatan untuk Meningkatkan Profesional dalam Praktik Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, 1(1), 185-192
Yahya, M. dan Jamali. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Program Refleksi Mingguan pada Guru MTs Monisa Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Aktual Pendidikan Indonesia (API), 1(2), 59-57
Yolviansyah, F., dan Hermanto. (2023). Pengawasan Akademik oleh Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Edu Fisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 16-22

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.