Analisis Literasi Digital Tenaga Kependidikan di Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman

  • Saefudin Saefudin Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman
  • Anisa Sri Restanti UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman
  • Uswatun Auliyani Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman
  • Dwiana Enimawati Fakultas Peternakan Universitas jenderal Soedirman
  • Sri Hartanti Fakultas Pertanian Universitas jenderal Soedirman

Abstract

Pandemi Covid-19 mengantarkan pada era new normal dimana terjadi percepatan pemanfaatan teknologi informasi pada kinerja sebuah institusi. Universitas Jenderal Soedirman merupakan institusi pendidikan tidak terlepas dari hal tersebut. Tenaga kependidikan sebagai salah satu sumber daya manusia hendaknya mampu menguasai teknologi digital, memahami risiko serta etika penggunaan teknologi. Pada era new normal, literasi digital menjadi literasi dasar tenaga kependidikan untuk beradaptasi dalam berkontribusi bagi institusi. Kajian dilakukan dengan tujuan mengetahui tingkat literasi digital tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Peneliti melibatkan seluruh populasi sebagai sampel sejumlah 73  staf tenaga kependidikan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Kajian ini merupakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui survei menggunakan kuesioner dengan skala linkert berdasar kerangka kompetensi literasi digital ASN pengembangan dari Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. Hasil kajian menunjukkan wawasan digital mendapat skor 42,80; keterampilan digital mendapat skor 45,76; dan  perilaku digital mendapat skor 27,64. Hasil skor rata-rata literasi digital adalah 118,61. Berdasarkan analisis data menunjukkan  tenaga kependidikan memiliki pengetahuan serta terampil dalam penggunaan digital untuk   kebutuhan sehari-hari,   akan tetapi masih ada beberapa kesalahan dalam penerapannya. Beberapa hal yang dapat diperbaiki meliputi wawasan perkembangan teknologi informasi AI dan e-learning, keterampilan menghapus virus dalam handphone, serta mendeteksi berita bohong. Kesimpulan kajian ini dapat dipahami tingkat literasi digital tenaga kependidikan dalam kategori mumpuni sehingga perlu adanya pelatihan atau bimbingan literasi agar tingkat literasi tenaga kependidikan naik pada tingkat ahli.

References

Rahman, Raju Ade. 2023. Kominfo Tangani 3,7 Juta Konten Negatif Hingga 17 September 2023 https://aptika.kominfo.go.id/2023/09/kominfo-tangani-37- juta-konten-negatif-hingga-17-september-2023/
Rumata, Vience Mutiara; Dimas Aditya Nugraha. 2020. Rendahnya tingkat perilaku digital ASN kementerian kominfo: survei literasi digital pada instansi pemerintah. Jurnal Studi Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi. Vol. 4, Ed. 2, Juli 2020, hal. 467- 484 https://doi.org/10.25139/jsk.v4i2.2230
Syah, Ardy Firman. 2021. Literasi digital dalam peningkatan kualitas layanan publik pemerintah. E-Journal BKN. Vol. 15, No.2, November 2021, hal. 25-34 https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/view/340
Yojana, Yana. 2022. Gambaran literasi digital tenaga Kesehatan peserta pelatihan di Bapeltakes Cikarang Kementerian Kesehatan RI. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 4, No. 2, 2022, hal. 2127-2133. DOI. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2262
Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif: komunikasi, ekonomi, dan kebijakan publik sderta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.
Law, Nancy et.al., 2018. A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. UNESCO: Institute for Statistics. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000265403.locale=en
Peraturan Presiden No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik
Rahman, Raju Ade. 2023. Kominfo Tangani 3,7 Juta Konten Negatif Hingga 17 September 2023 https://aptika.kominfo.go.id/2023/09/kominfo-tangani-37- juta-konten-negatif-hingga-17-september-2023/
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kkuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, hlm. 152.
Sukiman. Pengembangan Sistem Evaluasi. 2012. Yogyakarta: Insan Madani Suryabrata, Sumadi. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2025-01-01
How to Cite
SAEFUDIN, Saefudin et al. Analisis Literasi Digital Tenaga Kependidikan di Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 928-934, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15430>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15430.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.