Model Integrasi Lembaga Regional Dalam Meningkatkan Eksistensi Makanan Tradisional Di Kabupaten Banyumas

  • Irma Suryani Universitas Jenderal Soedirman
  • Goro Binardjo Universitas Jenderal Soedirman
  • Dedi Supriyadi Universitas Jenderal Soedirman
  • Herdan Andien Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhammad Rosyada Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Seiring perkembangan zaman, perubahan pada pola konsumsi masyarakat mulai bergeser dari tradisional menjadi modern sehingga mempengaruhi eksistensi makanan tradisional, salah satunya di Banyumas. Banyumas memiliki berbagai pusat kuliner.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permintaan makanan tradisional di Pasar Pratistha Harsa Banyumas dan Menyusun Model Integrasi Kelembagaan Daerah dalam Meningkatkan Eksistensi Makanan Tradisional (studi kasus di Kab. Banyumas). Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda untuk mengidentifikasi pengaruh variabel faktor-faktor yang berpengaruh terhadap permintaan makanan tradisional dan Almost Ideal Demand System (AIDS) yang merupakan model ideal dalam menganalisis permintaan. Menggunakan analisis MACTOR (Matrix of Alliances and Conflicts Tactics, Objectives and Recommendations) digunakan untuk menyusun model Model Integrasi Kelembagaan Daerah dalam meningkatkan eksistensi makanan tradisional yang sesuai di Kabupaten Banyumas.

References

Felicia, S. (2013). Perilaku Masyarakat Surabaya Terhadap Keputusan Pembelian Makanan
Tradisional Indonesia Ditinjau Dari Faktor Eksternal & Internal. Neliti, 514–520.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Green, G. P., & Dougherty, M. L. (2009). Localizing linkages for food and tourism as a community
development strategy. Journal of Community Development, 39(3), 145–158.
Grimble, R., & Chan, M. (1995). Trade offs: A Stakeholders Approach to Natural Resource
Management. International Institute for Environment and Development.
Hakim, I. N., & Hamidah, S. (2022). Peran Kuliner Tradisional dalam Mendukung Pemajuan
Kebudayaan di Destinasi Pariwisata Prioritas Yogyakarta. Mozaik Humaniora, 21(2), 193–208.
https://doi.org/10.20473/mozaik.v21i2.29444.
Harsana, M., & Triwidayati, M. (2020). Potensi Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarisk Wisata
Kuliner di D.I. Yogyakarta. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 15(1), 1–24.
Hidayah, N. (2019). Riset Pasar Konsumen Terhadap Makanan Tradisional Kota Pontianak. Jurnal
Teknik Industri Universitas Tanjungpura, 3(1), 37–44.
Hidayat, H. H., Wijayanti, N., Christiany, S., Utami, D., & Situmorang, B. (2023). Analisis Titik Kritis
Kehalalan Soto Sokaraja. Jurnal Industri Teknologi Pertanian, 17(4), 793–802.
https://doi.org/10.21107/agrointek.v17i4.14178.
Indriasari, D. P. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Ekonomi, 19(3), 1689–1699.
Karim, A. ., & Chi, C. G. Q. (2010). Culinary Tourism as a Destination Attraction: An Empirical
Examination of Destinations’ Food Image. Journal of Hospitality Marketing & Management,
19(6), 531–555.
Kim, Y. ., Yuan, J., Goh, B. ., & Antun, J. . (2009). Web Marketing in Food Tourism: A Content Analysis
of Web Sites in West Texas. Journal Of Culinary Science & Technology, 7(1), 52–64.
Nusrai, B. H. H., Nursaban, M. A. S., Razak, R. A., & Yusuf, N. N. (2018). Effect Of Brand Image And
Price Perception On Purchase Decision. Journal of Business and Management, 20(8), 76–81.
Ohy, G., Kawung, E. J. R., & Zakarias, J. (2020). Perubahan Gaya Hidup Sosial Masyarakat Pedesaan
Akibat Globalisasi di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal
Holistik, 13(3), 1–16.
Oosthuizen, D., Spowart, J., & De-Meyer, H. (2015). The Relationship Between Perceived Price and
Consumers’ Purchase Intention of Private Label Wine Brands. African Journal of Hospitality,
Tourism and Leisure, 4(2), 1–17.
Pratama, A., & Saino. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan
Tradisional. JEBM, 13(4), 630–637.
Prayogo, Y. (2014). Kisah di Balik Legitnya Getuk Goreng Sokaraja, Purwokerto. Detik Travel, 1.
https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5399242/kisah-di-balik-legitnya-getuk-gorengsokaraja-purwokerto.
Rahayu, P. (2016). Lageyan dan Karakter Masyarakat Banyumas dalam Kumpulan Cekak Iwak
Gendruwo Kaya Agus Pribadi dkk (Kajian Etnolingusitik). Intenational Seminar Prasasti III:
Current Research in Lingusitik, 608–613.
Ramirez. (1999). Stakeholder Analysis and Conflict Management. World Bank Institute.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suter, I. K. (2014). Pangan Tradisional : Potensi dan Prospek Pengembangannya. Media Ilmiah Dan
Teknologi Pangan, 1(1), 96–109.
Yuliati, U. (2011). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Makanan Jajan
Tradisional di Kota Malang. Jurnal Manajemen Bisnis, 1(1), 7–20.
Yusti, Z. (2014). Analisis pola konsumsi ubi kayu dan olahannya pada rumah tangga di Kota Bandar
Lampung. JIIA, 100–107.
Published
2025-01-01
How to Cite
SURYANI, Irma et al. Model Integrasi Lembaga Regional Dalam Meningkatkan Eksistensi Makanan Tradisional Di Kabupaten Banyumas. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 894-903, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15426>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15426.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.