PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DENGAN METODE RESEARCH AND DEVELOPTMENT

  • Agung Prabowo 1)Program Studi Statistika, Jurusan Matematika FMIPA UNSOED 2)Program Studi Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNSOED
  • Agus Sugandha 1)Program Studi Statistika, Jurusan Matematika FMIPA UNSOED 2)Program Studi Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNSOED
  • Mashuri Mashuri 1)Program Studi Statistika, Jurusan Matematika FMIPA UNSOED 2)Program Studi Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNSOED

Abstract

Dalam Kurikulum Merdeka, guru-guru dituntut untuk dapat membuat sendiri modul pembelajaran yang nantinya akan digunakan sebagai materi/bahan ajar di ruang kelas masing-masing. Modul Ajar Kurikulum Merdeka dapat dibuat guru sebagai pengembangan dari buku pelajaran yang selama ini digunakan ditambah dengan pengalaman mengajar. Sebagai hasil pengembangan, maka Modul Ajar Kurikulum Merdeka akan dihasilkan setelah melalui riset dan dilanjutkan dengan proses pengembangan. Untuk mewujudkan modul tersebut, akan dilakukan pengabdian berupa pendampingan kepada mitra yaitu guru-guru di SMAN 1 Mirit. Pendampingan ini memberikan arahan kepada guru-guru terkait bagaimana melakukukan riset dan pengembangan dengan objek yang dikembangkan adalah modul ajar. Dengan menggunakan buku pelajaran, pengalaman mengajar, dan portofolio mengajar yang telah dimiliki mitra sebagai acuan, maka pengabdian ini didisain untuk melakukan pengembangan materi ajar menjadi modul ajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa. Salah satu hasil dari penggunaan metode Research and Developtment adalah pengembangan materi matematika dengan menggunakan lagu. Hasil lain dari pengabdian ini adalah tujuh buah artikel karya mitra guru-guru di SMA Negeri 1 Mirit yang semuanya dipresentasikan di Seminar Nasional LPPM UNSOED 2024.

References

Prabowo, A. 2010. Memahatkan Spirit Young Mathematicians pada Diri Siswa. Prosiding pada Seminar
Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 27 November 2020, 1(1):
105-114.
Prabowo, A. 2011. Mengenalkan Matematika Melalui Pengamatan Alam Semesta. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Matematika STKIP SILIWANGI, 7 Desember 2011, 1(1): 87-98.
Prabowo, A., Sugandha, A., Tripena, A., dan Mashuri. 2020a. Penggunaan Tulang Napier dalam Meningkatkan
Kemampuan Operasi Perkalian Siswa Kelas IV. Serambi Abdimas, 1(1): 5-10.
Prabowo, A., Sugandha, A., Tripena, A., Riyadi, S., dan Sukono. 2020b. Analysis of Napier Bone Usage in
Multiplication Learning in Primary School. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3):
5239-5244.
Published
2025-01-01
How to Cite
PRABOWO, Agung; SUGANDHA, Agus; MASHURI, Mashuri. PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DENGAN METODE RESEARCH AND DEVELOPTMENT. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 671-674, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15373>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15373.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.