PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DENGAN METODE RESEARCH AND DEVELOPTMENT
Abstract
Dalam Kurikulum Merdeka, guru-guru dituntut untuk dapat membuat sendiri modul pembelajaran yang nantinya akan digunakan sebagai materi/bahan ajar di ruang kelas masing-masing. Modul Ajar Kurikulum Merdeka dapat dibuat guru sebagai pengembangan dari buku pelajaran yang selama ini digunakan ditambah dengan pengalaman mengajar. Sebagai hasil pengembangan, maka Modul Ajar Kurikulum Merdeka akan dihasilkan setelah melalui riset dan dilanjutkan dengan proses pengembangan. Untuk mewujudkan modul tersebut, akan dilakukan pengabdian berupa pendampingan kepada mitra yaitu guru-guru di SMAN 1 Mirit. Pendampingan ini memberikan arahan kepada guru-guru terkait bagaimana melakukukan riset dan pengembangan dengan objek yang dikembangkan adalah modul ajar. Dengan menggunakan buku pelajaran, pengalaman mengajar, dan portofolio mengajar yang telah dimiliki mitra sebagai acuan, maka pengabdian ini didisain untuk melakukan pengembangan materi ajar menjadi modul ajar yang disesuaikan dengan kondisi siswa. Salah satu hasil dari penggunaan metode Research and Developtment adalah pengembangan materi matematika dengan menggunakan lagu. Hasil lain dari pengabdian ini adalah tujuh buah artikel karya mitra guru-guru di SMA Negeri 1 Mirit yang semuanya dipresentasikan di Seminar Nasional LPPM UNSOED 2024.
References
Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 27 November 2020, 1(1):
105-114.
Prabowo, A. 2011. Mengenalkan Matematika Melalui Pengamatan Alam Semesta. Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Matematika STKIP SILIWANGI, 7 Desember 2011, 1(1): 87-98.
Prabowo, A., Sugandha, A., Tripena, A., dan Mashuri. 2020a. Penggunaan Tulang Napier dalam Meningkatkan
Kemampuan Operasi Perkalian Siswa Kelas IV. Serambi Abdimas, 1(1): 5-10.
Prabowo, A., Sugandha, A., Tripena, A., Riyadi, S., dan Sukono. 2020b. Analysis of Napier Bone Usage in
Multiplication Learning in Primary School. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3):
5239-5244.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.