IDENTIFIKASI PENGETAHUAN SISWA TERHADAP BAHAN KIMIA BERBAHAYA DI LABORATORIUM IPA SMAN 1 MIRIT
Abstract
Pengetahuan mengenai bahan kimia berbahaya saat melakukan praktikum IPA masih terbatas di kalangan siswa SMAN 1 Mirit. Masih banyak siswa yang belum mengetahui dampak yang dapat ditimbulkan akibat bersentuhan langsung dengan bahan kimia berbahaya tanpa alat pelindung diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengetahuan siswa terhadap bahan kimia berbahaya. Sampel penelitian ini sebanyak 68 siswa dari total populasi sebanyak 140 siswa dominasi peminatan MIPA kelas XII yang diambil menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengetahuan siswa mengenai bahan kimia berbahaya yang ada di laboratorium IPA SMAN 1 Mirit cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari 3 indicator yaitu indicator pengetahuan siswa terhadap resiko bahaya pada kategori cukup, indicator pengetahuan siswa terkait jenis-jenis bahan kimia berbahaya pada kategori cukup, dan indicator pengetahuan siswa terkait penangan dan tindakan saat berinteraksi dengan bahan kimia berbahaya pada kategori sangat baik.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.