Inisiasi Pembaruan Kemasan sebagai Daya Tarik Masyarakat pada UMKM Tape di Desa Sokawera, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas
Abstract
Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memecahkan kesulitan yang dihadapi oleh UMKM produk rumahan di Desa Sokawera, Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas melalui pendampingan dalam proses pengembangan kemasan produk yang dihasilkan oleh UMKM, khususnya UMKM Tape. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melalui survei tingkat keamanan dan kepentingan kemasan, serta pengembangan jaringan pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk olahan UMKM di Desa Sokawera. Kegiatan ini dimulai dengan koordinasi dengan Kepala Desa dan pemilik UMKM. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini berupa perbaikan kemasan dengan terbentuknya nama brand dan label produk, terciptanya kemasan yang inovatif, menarik, dan kekinian.
References
Badri, R. E., Pratisti, C., & Putri, A. S. (2022). Pengembangan Inovasi Kemasan Produk Untuk Meningkatkan Daya Tarik Umkm Wedang Jahe di Desa Sidodadi Asri. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2), 347–353. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i2.1268
Iffa, T C. (2021). Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Gerai Pusat Produk Ukm/Ikm Pratistha Harsa Kabupaten Banyumas. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/9484/.
Inayah Fikamalina, Aghisyna Dwi, Dhea Fitri Puspitayani, Devira Elsa Mei Shella, Rusdi Hidayat Nugroho, en Maharani Ikaningtyas. (2024). Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk dalam Keberlanjutan Bisnis: Studi Kasus UMKM di Masa Pandemi. ManBiz: Journal of Management and Business 3 (1): 249–64. https://doi.org/10.47467/manbiz.v3i1.6470.
Mailani, Adella, Ali Muhammad Syarif, Avika Azizah, Putri Suci Delima, Tiara Putri, en Hendra Riofita. (2023). “Analis Pengaruh Packaging Produk terhadap Niat Beli Konsumen di Industri Kosmetik”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi 1 (2): 10–15. https://doi.org/10.62017/wanargi.v1i2.654
Noegroho, A.B.A. and Arif, L., (2022). Collaborative Governance Dalam Pengembangan Umkm Pudak Di Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Journal Publicuho, 5(4), pp.1405-1414. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.85
Pratama, M. F., & Setiawati, I. (2023). STRATEGI PEMASARAN PASTA UBI JALAR PADA PT GALIH ESTETIKA INDONESIA DI KECAMATAN CILIMUS KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 2642-2662.
Rahmani Putri, Dian, Ni Nyoman Wulan Antari, en I Putu Widiadnyana. (2023). “Inovasi Desain Label Kemasan Sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk Ukm Pizza Omi Packaging Label Design Innovation As an Increasing Factor of the Competitiveness Omi Pizza Small Enterprise Products 1)” 1 (2): 2963–3788. https://doi.org/10.36774/jurdimas.v1i2
Setiawati, I., Ardiansyah, A., & Dewi, E. M. (2020). Aplikasi Quality Function Deployment Dalam Perancangan Sabun Mandi Herbal Virgin Coconut Oil. Jurnal Teknik, 9(2).
Setiawati, I., Soemanto, B., Syahrullah, Y., & Widyarini, I. (2022). Rancangan Model Bisnis Sabun Cuci Ramah Lingkungan Business Model of Dish Soap Ecofriendly. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), 291-300.
Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.