Optimasi Promosi Melalui Media Sosial untuk Meningkatkan Visibilitas dan Penjualan Lung Coffee

  • Ratna Setyawati Gunawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Diah Setyorini Gunawan 1,Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Daryono Daryono 1,Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Kikin Windhani 1,Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Digitalisasi telah membuka peluang baru bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memperluas pemasaran produk yang dihasilkan. Namun, peluang ini juga datang dengan tantangan baru seperti persaingan yang ketat dan kebutuhan akan pengetahuan teknologi dan keterampilan pemasaran digital yang memadai. Optimasi promosi melalui pembuatan konten yang menarik, manajemen media sosial yang efektif, dan katalog produk yang informatif adalah kunci untuk meningkatkan visibilitas bisnis. Permasalahannya adalah Lung Coffee di Kabupaten Banyumas, tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang cara mengoptimalkan promosi produk melalui media digital. Selain itu, pelaku UMKM memiliki keterbatasan sumber daya dan akses memperoleh bantuan profesional. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dalam hal menggunakan media sosial untuk promosi produk agar visibilitas Lung Coffee meningkat. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa implementasi penggunaan media sosial melalui Instagram dan TikTok meningkatkan visibilitas produk, namun belum sesuai dengan harapan. Rata-rata penambahan pengikut Instagram selama Juni-September 2024 adalah 32 dan 2 untuk TikTok. Selama empat bulan bermedia sosial, Lung Coffee mendapatkan pesanan kopi dari luar kota, seperti Kota Palu (Sulawesi Tengah), Kota Surakarta, Kota Tangerang, dan Kota Jakarta Utara. Omzet dan keuntungan memilki trend meningkat walaupun peningkatannya masih kecil.

References

Barokah, S., Dhiyaulhaq, S., & Priambodo, G. (2021). Efektifitas Membangun Product Branding
KOPILUNG sebagai Kopi Khas Desa Melung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, 5(2), 301–311.
detik.com. https://food.detik.com/info-kuliner/d-4232661/desa-melung-juga-punyakopi-legendaris-bercitarasa-unik. Diakses 28 November 2023.
Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi
Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal
Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(2), 126–131.
Gunawan, R. S., Gunawan, D. S., Daryono, D., & WIjaya, H. (2023). Creativity, Innovation,
Entrepreneurship, and Leadership for Sustainable Rural Development. In Modernization
to Improve Lung Coffee Competitiveness (pp. 94–103).
Suherlan, H., Adriani, Y., Evangelin, B. C., & Rahmatika, C. (2022). Keterlibatan Masyarakat
dalam Mendukung Program Desa Wisata : Studi Deskriptif Kualitatif pada Desa Wisata
659
Melung , Kabupaten Banyumas. BARISTA Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 9, 99–
111. https://doi.org/10.34013/barista.v9i01.623
Waluyo, B., & Khoirunurrofi, K. (2021). Hubungan Program Keluarga Harapan (PKH) dengan Tingkat Kemiskinan di Daerah Tertinggal dan Non Tertinggal di Indonesia. Indonesian Treasury Review Jurnal Perbendaharaan Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik, 6(2021), 361–373.
Published
2025-01-01
How to Cite
GUNAWAN, Ratna Setyawati et al. Optimasi Promosi Melalui Media Sosial untuk Meningkatkan Visibilitas dan Penjualan Lung Coffee. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 649-660, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15364>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.1.15364.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.