Pengenalan Empon-Empon sebagai Tanaman Obat Keluarga bagi Siswa SMPN 9 Purwokerto

  • Wiwik Herawati Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman
  • Sukarsa Sukarsa Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman
  • Pudji Widodo Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman
  • Dian Palupi Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pengetahuan masyarakat tentang tanaman empon empon  masih sebatas informasi yang diperoleh dari leluhurnya. Pemanfaatan tanaman empon empon sampai saat ini masih memegang peranan penting sebagai obat tradisional. Penanaman tanaman empon empon, umumnya  di lahan sekitar rumah, kebun, atau ladang. Pengenalan tentang jenis, penanaman, dan pemanfaatan empon empon penting dilakukan sebagai media pembelajaran siswa  untuk memupuk rasa tanggung jawab dan menumbuhkan jiwa peduli lingkungan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pada siswa SMPN 9 Purwokerto tentang pengenalan dan penanaman empon empon. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah ceramah, diskusi dan praktik. Dalam pelaksanaannya disampaikan metode mengenalkan jenis jenis tanaman empon empon yang dapat digunakan sebagai obat serta bagian tanaman yang dimanfaatkan serta cara penanamanya. Hasil yang diperoleh dari kegiatan    pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan dengan siswa  SMPN 9 Purwokerto direspon sangat baik oleh siswa dan dirasakan sebagai pengetahui dan ketrampilan yang dapat menunjang dalam pembelajaran biologi berbasis lingkungan.

References

Adnan, Navia, Z. I., Silvia, M., Antika, M., Suwardi, A. B., Baihaqi, & Yakob, M. (2022). Diversity of herbs and spices plants and their importance in traditional medicine in the South Aceh District, Indonesia. Biodiversitas, 23(7), 3836–3843. https://doi.org/10.13057/biodiv/d230761
Agustina, L., Wahyu Permatasari, D., Fatimah Miftahul Jannah, E., & Julia Nurcahyani, M. (2023). Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Sebagai Salah Satu Usaha Pemberdayaan Siswa Dalam Menumbuhkan Kepedulian Kesehatan Keluarga The Implementation of Family Medicinal Plant (TOGA) Cultivation to Promote Students’ Engagement in Promoting Family Health A. Proceeding Biology …, 20, 126–131.
Ardipeni, W., Malang, K., & Author, C. (2021). Design and Development of Educational Devices Plant Diversity Inquiry Guided by Podcasts and Google Classroom to Influence Students ’ Scientific Work Abilities. 2011, 66–76.
Eriawati, E. (2017). Pemanfaatan Tumbuhan di Lingkungan Sekolah Sebagai Media Alami pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan di SMA dan MA Kecamatan Montasik. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 47. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1070
Kumar, S., & Kumari, K. (2020). Medicinal uses of spices used in our traditional culture : World wide Medicinal uses of spices used in our traditional culture : World wide. July.
Pebrina, A. M., & Yuliani, T. (2021). Peranan Tanaman di Sekolah Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa di SDN 105306 Keriahen Tani, Sumatera Utara. … Nasional Peningkatan Mutu …, 2. http://publikasi.fkip-unsam.org/index.php/semnas2019/article/view/183
Rinasari, N. A., Kosasih, A. D., & Wijarnako, B. (2023). Pembelajaran lingkungan hidup berbasis tanaman obat keluarga. Primary, 2(3), 187–193.
Sari, N., & Andjasmara, T. C. (2023). Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat. Jurnal Bina Desa, 5(1), 124–128. https://doi.org/10.15294/jbd.v5i1.41484
Published
2025-02-17
How to Cite
HERAWATI, Wiwik et al. Pengenalan Empon-Empon sebagai Tanaman Obat Keluarga bagi Siswa SMPN 9 Purwokerto. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 170-173, feb. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15359>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15359.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.