ASESMEN ALTERNATIF BERBASIS LAGU NASIONAL DAN LAGU DAERAH

  • Muslimah Muslimah Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman
  • Agung Prabowo Fakultas MIPA, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penelitian ini mengenai asesmen alternatif yang dikembangkan  pada kurikulum merdeka sebagai alternatif dari asesmen konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan asesmen alternatif berbasis lagu nasional dan lagu daerah dapat menumbuhkan perasaan menyenangkan peserta didik dan menguatkan  karakter pelajar Pancasila pada dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia pada elemen berakhlak pada negara dan dimensi kebhinekaan global.   Diselesaikan dengan metode studi literatur menggunakan artikel, buku dan berita sebagai sumber analisis kemudian dibuat analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen alternatif berbasis lagu nasional dan lagu daerah dapat menumbuhkan perasaan menyenangkan peserta didik dan menguatkan karakter pelajar Pancasila terutama  pada dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia dan  kebhinekaan global

References

Arofaturrohman, Y. A., Darsinah, D., & Wafroturrohmah, W. (2023). Penggunaan Media Lagu Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Yang Inovatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 7338-7345.
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022): Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: kemendikbudristek.
Gloria, R. Y. (2011). Pentingnya asesmen alternatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan membaca ilmiah siswa pada pembelajaran biologi. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 99-106.
Kartikawati, E. (2023). Penerapan Asesmen Formatif Untuk Meningkatan Self Regulation Dan Penguasaan Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Bionatural, 10(1).
Kurniasih, Y., Rahman, T., & Mulyana, E. H. (2021). Dasar Kebutuhan Pengembangan Asesmen Alternatif Pada Permainan Sains Sub Tema Gejala Alam Untuk Memfasilitasi Keterampilan Sosial Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Agapedia, 5(2), 191-201.
Lita, P. N., Amalia, I., Wahid, F. S., & Antika, T. L. (2024). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Lagu Daerah. Era Literasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 1-10.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah
Putri, N. S., & Charity, H. A. Z. (2024). Peran Guru dalam Membiasakan Menyanyikan Lagu Nasional Sebagai Upaya Pembentukan Nasionalisme Studi Kasus: di SD Al-Islah Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(4), 7-7.
Ramadhani, D. P. (2021). Analisis penerapan asesmen formatif dalam pembelajaran IPA dan Fisika: literature review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(2), 110-120.
Ridwan, R., Syaripudin, T., & Magistra, A. A. RELEVANSI LAGU DAERAH DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 58-66.
Published
2025-01-01
How to Cite
MUSLIMAH, Muslimah; PRABOWO, Agung. ASESMEN ALTERNATIF BERBASIS LAGU NASIONAL DAN LAGU DAERAH. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 62-65, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15353>. Date accessed: 18 apr. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.