Pelatihan Pengelolaan Kelas untuk Pembelajaran Sains dengan Metode Montessori bagi IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) Kecamatan Kembaran

  • Puji Lestari Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman
  • Suryata Suryata Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman
  • Niken Istikhari Muslihah Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan khalayak sasaran adalah para guru TK yang tergabung dalam IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) Kecamatan Kembaran. Pada kegiatan ini, para guru diberikan pelatihan tentang prinsip belajar metode Montessori yang meliputi lima area. Ke lima area tersebut adalah: area practical life, sensorial, language, mathematics dan culture. Pembelajaran sains termasuk ke dalam area culture. Para guru juga diberikan pembimbingan teknis dalam mengelola kelas untuk pembelajaran sains yang meliputi: prinsip eksperimen sains dalam Montessori, menentukan tema dalam eksperimen sains Montessori serta pengenalan konsep kongkret dan abstrak pada eksperimen. Sebelum pelaksanaan pelatihan para guru diberikan pre-test, dan setelahnya diberikan post-test dengan soal yang sama. Pre-test dan post-test diberikan untuk mengukur peningkatan pemahaman guru terhadap materi pelatihan. Hasil analisis pre-test dan post-test dengan uji Paired Sample T-Test menunjukkan angka yang signifikan antara pretest dan post-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) p = 0.000, < 0.05 yang menunjukkan adanya perbedaan mencolok antara kedua test tersebut. Selisih nilai rata-rata post-test dan pre-test adalah -21.5. Nilai negatif menandakan kecenderungan adanya peningkatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan sudah memahami cara mengelola kelas dengan Metode Montessori.

References

Elytasari, S. (2017). Esensi Metode Montessori Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Bunayya:
Jurnal Pendidikan Anak, 3 (1), 59-73.
Laksmi, N.M.S., Suardana, I.M., & Arifin, I. (2021). Implementasi Pembelajaran dan Penilaian
Berbasis Metode Montessori. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan,
6 (5), 827-834.
Savitri, I. M. (2019). Montessori for Multiple Intelligences. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.
Published
2025-01-01
How to Cite
LESTARI, Puji; SURYATA, Suryata; MUSLIHAH, Niken Istikhari. Pelatihan Pengelolaan Kelas untuk Pembelajaran Sains dengan Metode Montessori bagi IGABA (Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal) Kecamatan Kembaran. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 643-648, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15351>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15351.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.