Pojok Bahasa sebagai Upaya Peningkatan Pelayanan Terhadap Wisatawan Asing di Desa Wisata Melung
Abstract
Salah satu upaya peningkatan pelayanan oleh pihak desa wisata Melung adalah dengan membuat pojok bahasa asing yang dapat digunakan oleh sumber daya masyarakat (SDM) setempat dan pelaku wisata serta wisatawan asing. Permasalahan yang dihadapi oleh pihak desa melung adalah keterbatasan SDM dalam kompetensi bahasa asing dan pengembangan desa wisata. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pojok bahasa asing yang dapat diakses oleh SDM setempat dan wisatawan asing dalam mengembangkan wisata desa. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah: a) Memberikan fasilitas pojok bahasa asing di bidang pariwisata; b) Meningkatkan pelayanan di desa wisata Melung dalam mengembangkan desa wisata. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan memberikan pendampingan pendirian pojok bahasa asing di bidang pariwisata yang dapat diakses oleh SDM setempat dan wisatawan asing. Pengukuran dilakukan dengan tanya jawab dengan menggunakan guideline yang dilakukan di awal sebagai analisa situasi dan di bagian akhir sebagai evaluasi.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.