MENTAL HEALTH LITERACY DAN SIKAP TERHADAP PERILAKU MENCARI BANTUAN PROFESIONAL KESEHATAN MENTAL PADA MAHASISWA
Abstract
Masalah kesehatan mental pada mahasiswa jika tidak teratasi dapat mengakibatkan menurunnya kualitas hidup, menurunnya performa akademik, meningkatkan risiko penggunaan zat psikoaktif, risiko gangguan psikotis, serta risiko bunuh diri. Maka dari itu, pemahaman yang baik dan tepat tentang masalah kesehatan mental diharapkan dapat mendorong perilaku mencari bantuan kesehatan mental guna meningkatkan pemahaman terkait kondisi kesehatan jiwa serta manfaat jangka panjang dalam pemulihan dari masalah kesehatan mental. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan lietrasi kesehatan mental dan sikap terhadap perilaku mencari bantuan profesional kesehatan mental pada mahasiswa. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (Fikes) Unsoed. Teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling sebanyak 386 responden dengan instrumen penelitian yaitu Mental Health Literacy Scale (MHLS) dan Attitude Towards Seeking Professional Psychological Help Scale. Analisis univariat menunjukkan bahwa rata-rata usia mahasiswa 20 tahun, 312 mahasiswa perempuan (80,8%), 251 mahasiswa (65%) berasal dari luar Banyumas (dalam pulau Jawa), 273 mahasiswa tinggal di kos (70,7%). Literasi kesehatan mental mayoritas mahasiswa berada pada kategori sedang (53,4%) dan memiliki sikap yang positif terhadap perilaku mencari bantuan profesional kesehatan mental (90,4%). Literasi kesehatan mental yang baik dapat membantu mahasiswa untuk lebih cepat dalam mengetahui ciri suatu gangguan mental, mengetahui bantuan profesional yang tersedia, mengetahui strategi yang efektif untuk meningkatkan kesehatan mental, serta menentukan bantuan psikologis profesional yang tepat saat mahasiswa tidak dapat mengatasi masalah psikologisnya sendiri. Perumusan strategi edukasi dan promosi layanan kesehatan mental di satuan pendidikan tinggi penting untuk dilakukan.
References
Andrade, L., Alonso, J., Mneimneh, Z., Wells, J., Al-Hamzawi, A., Borges, G., et al. (2014). Barriers to mental health treatment: results from the WHO World Mental Health surveys. Psychological Medicine,44 (6).
Bitman-Heinrichs, R. L. (2017). From attitude to intent to action: Predictors of psychological help-seeking behavior among clinically distressed adults. Iowa State University. Dissertation published on http://lib.dr.iastate.edu
Cakar, F. S. & Savi, S. (2014). An exploratory study of sdolescent’s help-seeking sources. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 159, 610-614.
Do,R, Park JR, Lee SY, Cho MJ, Kim JS, Shin MS. Adolescents' Attitudes and Intentions toward Help-Seeking and Computer-Based Treatment for Depression. Psychiatry Investig. 2019 Oct;16(10):728-736. doi: 10.30773/pi.2019.07.17.4. Epub 2019 Sep 26. PMID: 31550876; PMCID: PMC6801318.
Mahasiswa Di Banda Aceh. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 5(1), 23-39. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v5i1.25102.
Nazira, D., Mawarpury, M., Afriani., dan Kumala, I. D. (2022). Literasi Kesehatan Mental pada
O'Connor M, Casey L. The Mental Health Literacy Scale (MHLS): A new scale-based measure of mental health literacy. Psychiatry Res. 2015 Sep 30;229(1-2):511-6. doi: 10.1016/j.psychres.2015.05.064. Epub 2015 Jul 16. PMID: 26228163.
Olivari C, Mellado C. Recognition of mental health disorders in adolescent students in Chile: a descriptive study. Medwave. 2019 Apr 26;19(3):e7617. Spanish, English. doi: 10.5867/medwave.2019.03.7617. PMID: 31158123.
Paul Gorczynski & Wendy Sims-Schouten (2024) Evaluating mental health literacy amongst US college students: a cross sectional study, Journal of American College Health, 72:3, 676-679, DOI: 10.1080/07448481.2022.2063690
Pretorius, C., Mccashin, D., Kavanagh, N., & Coyle, D. (2020). Searching for Mental Health: A Mixed Methods Study of Young People ’s Online Help -seeking. 1–13.
Ramón, E., Gea, V., Granada, J., Juárez, R., Pellicer, B., & Antón, I. (2020). The Prevalence of Depression, Anxiety and Stress and Their Associated Factors in College Students. International Journal Of Environmental Research And Public Health, 17(19), 1–15. https://doi.org/10.3390/ijerph17197001
Ravens-Sieberer U, Kaman A, Otto C, Adedeji A, Devine J, Erhart M, Napp AK, Becker M, Blanck-Stellmacher U, Löffler C, Schlack R, Hurrelmann K. Mental Health and Quality of Life in Children and Adolescents During the COVID-19 Pandemic-Results of the Copsy Study. Dtsch Arztebl Int. 2020 Oct 20;117(48):828-829. doi: 10.3238/arztebl.2020.0828. PMID: 33568260; PMCID: PMC8005842.
Swasti, K.G., Mulyaningrat, W., dan Choiruna H.P. (2022). Digitalisasi pelayanan kesehatan mental pada mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Laporan penelitian. Tidak di publikasi.
Tay, J. L., Tay, Y. F., & Klainin-Yobas, P. (2018). Mental Health Literacy Levels. Archives of Psychiatric Nursing 32(5):757–63. doi: 10.1016/j.apnu.2018.04.007.
Wang, A., Jia, S., Shi, Z., & Sun, X. (2022). Validation and Psychometric Testing of the Chinese Version of the Mental Health Literacy Scale Among Nurses. Frontiers in Psychology,12.
WHO. (2019). World health statistics overview 2019: Monitoring health for the SDGs, sustainable development goals. Geneva: World Health Organization.
Yu, Y., Hu, M., Liu, Z.-w., Liu, H.-m., Yang, J., Zhou, L., et al. (2016). Recognition of depression, anxiety, and alcohol abuse in a Chinese rural sample: a cross-sectional study. BMC Psychiatry 16.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.