PEMANFAATAN E-LATTER GUNA PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI DESA TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

  • Dwi Astarani Aslindar 1,2,3,4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ahmad Nastori 1,2,3,4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Herman Sambodo 1,2,3,4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Bambang Triyono 1,2,3,4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Desa Tinggarjaya termasuk wilayah Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Desa ini berada di pusat kota yang berada di kabupaten Banyumas, Desa Tinggarjaya memiliki 10 RW dan 47 RT, mengingat kelurahan yang terletak di pusat kota, menjadikan kelurahan ini belum ditemukan produk desa, lokasi wisata desa dan komoditi unggulan. Jumlah penduduk Desa Tinggarjayasebanyak 10.529 jiwa, Dimana Tingkat Pendidikan Masyarakat 10% Pendidikan sekolah dasar dan menengah, 20% Pendidikan tinggi dan 70% Pendidikan menengah atas, hamper 80% penduduk yang bekerja baik swasta maupun pemerintahan. Permasalahan yang dihadapi desa mitra yang dihadapi yaitu pemerintah Desa Tinggarjaya melakukan pembuatan surat dinas secara manual, sehingga yang muncul dalam problem dokumen kelurahan adalah data yang tercecer dan kapasitas ruang arsip yang digunakan terbatas. Bertolak dari permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka metode yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut adalah melalui metode pelatihan dan pendampingan/supervisi yang partisipatif. Kegiatan pengabdian kini telah dilaksakan secara keseluruhan dengan presentase sebesar 70%. Bersamaan adanya program pengabdian masyarakat ini, tentunya telah membawa banyak sekali manfaat dan hasil positif bagi banyak pihak khususnya bagi mitra yaitu desa Tingarjaya Kecamatan Jatilawang kabupaten Banyumas. Tim telah menyalurkan bantuan berupa pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat tentang administrasi digital, pengunaan surat elektronik . Selain itu tim juga telah mengembangan website yang dikelola oleh pemerintah desa, penggunaan google drive dan email dan administrasi digital dan pengelolaan administrasi digital dan peningkatan kemampuan SDM. Kegiatan ini dilakukan agar memudahkan perangkat desa dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk keperluan administrasi dan pelayanan publik.

References

DeLone, W.H and McLean, E.R. 2003. The DeLone and McLean Model of Sistem Success: A
Ten-Year Update, Journal of Mangement Information Sistem, 19 (4), 9-30.
Triyono, B. (2019). “Utilization of e-commerce in growing entrepreneur skills on the subject of
entrepreneurship”. Indonesian Journal of Islamic Economics Research, 1(2), 67-73.
Published
2025-01-01
How to Cite
ASLINDAR, Dwi Astarani et al. PEMANFAATAN E-LATTER GUNA PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI DI DESA TINGGARJAYA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 638-642, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15344>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15344.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.