PENDAMPINGAN SMALL GROUP DISCUSSION TENTANG PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI TRIAS UKS DI MTS AL MASRURIYAH BATURADEN
Abstract
Latar Belakang: Remaja rentan terhadap berbagai masalah, termasuk masalah kesehatan reproduksi. Data awal menunjukkan prevalensi perilaku berisiko pada remaja seperti merokok, anemia, PMS, dan bullying. Pendidikan kesehatan reproduksi seharusnya disertakan dalam implementasi trias UKS. Namun demikian, UKS MTs Al Masruriyah belum melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai kesehatan reproduksi. Metode: Kegiatan dilakukan dengan metode small group discussion dan diikuti oleh 30 remaja. Peserta terbagi menjadi 4 kelompok kecil dan setiap kelompok dipandu oleh seorang moderator dan notulen. Media KIE yang digunakan adalah booklet, slide, dan poster. Keberhasilan kegiatan dilihat melalui peningkatan skor sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan. Hasil: Uji Wilcoxon menunjukkan p-value sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan intervensi SGD terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Rata rata skor pre-test dan post-test mengalami perubahan dari 7 (pre-test) menjadi 8 (post-test). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti SGD tentang kesehatan reproduksi remaja. Kesimpulan: Pembinaan Small Group Discussion terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Penerapan SGD perlu diperluas ke populasi remaja yang lebih luas untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku kesehatan reproduksi yang positif.
References
Ardila, A., Ridha, A., & Jauhari, A. H. (2014). Efektivitas Metode Diskusi Kelompok dan Metode Cermaha terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Perilaku Seks Pranikah (Study Kasus Remaja Kelas X IPA Di SMA Negeri 01 Bengkayang). Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan -JuMantik, 2(2), 76–91.
Arja, S. B., Ponnusamy, K., Kottathveetil, P., Ahmed, T. F. A., Fatteh, R., & Arja, S. B. (2020). Effectiveness of Small Group Discussions for Teaching Specific Pharmacology Concepts. Medical Science Educator, 30(2), 713–718. https://doi.org/10.1007/s40670-020-00938-9
Azza, A., & Susilo, C. (2016). Model Pembelajaran Reproduksi Sehat Melalui Kelompok Sebaya Pada Remaja Putri. Jurnal Ners, 11(1), 142–146.
BKKBN, BPS, Kementerian Kesehatan RI, & USAID. (2018). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017: Kesehatan Reproduksi Remaja. http://www.dhsprogram.com.
Burgess, A., van Diggele, C., Roberts, C., & Mellis, C. (2020). Facilitating small group learning in the health professions. BMC Medical Education, 20(Suppl 2), 1–6. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02282-3
Cahyaningtyas, R. (2019). Hubungan Usia, Lama Tinggal, Kondisi Lingkungan Pondok, Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Personal Hygiene Genetalia Dengan Keputihan Patologis Pada Santri Putri Di Pondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Universitas Airlangga.
Darmayani, I. G. A. S. (2023). Effectiveness of Small Group Discussions (SGD) to Improve Learning Outcome and Critical Thinking in Medical Student: a Literature Review. Bali Medical Journal, 12(1), 1179–1182. https://doi.org/10.15562/bmj.v12i1.4430
Hana, C., Zuhdy, N., & Widyasih, H. (2018). Stres Psikososial dan Kejadian Fluor Albus Patologis pada Santri. Jurnal Forum Kesehatan.
Handayani, A., Latip, A., Kusumaningtyas, K., Maharrani, T., Husni, E., & Pramudianti, D. N. (2024). Efektifitas Metode Ceramah Dan Small Group Discussion tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksual Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Remaja. Gema Bidan Indonesia, 13, 34–42.
Hanura, A. W., Heni, P. W., & Widyasih, H. (2018). Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Dismenorea Pada Santri Putri Pondok Pesantren Al Munawwir Kompleks R2 Krapyak Tahun 2018. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Hapsari, M. M., Herawati, D., Priantoro, B., Nanwani, S., Pohan, M. N., Ranitadewi, I. N., & Tariani, N. M. (2021). Pedoman Program Kesehatan Reproduksi Jenjang Smp. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. 978-623-97764-3-5
Hinga, I. A. T. (2019). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER DAN LEAFLET DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT DI KABUPATEN BELU. CHMK Applied Scientific Journal, 2(3), 111–119.
Julianto, D., & Utari, P. A. (2019). Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Pendapatan INdividu di Sumatera Barat. Ikraith Ekonomika, 2(2), 122–131.
Kemendikbud. (2019). Sekolah sehat berkarakter. Kemdikbud.Go.Id, 1–14. https://sehatberkarakter-dikdasmen.kemdikbud.go.id/profil
Kemendikbudristek. (2023). Pedoman Kampanye Sekolah Sehat. 4449.
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2018. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
Khotimah, K. (2023). The Effectiveness of Reproductive and Sexual Health Education by Counselling and Small Group Discussion on Knowledge and Attitudes of Adolescents Aged 16-17 Years. Arkus, 9, 384–388. https://doi.org/10.37275/arkus.v9i2.392
Kusumawardani, N., Wiryawan, Y., Anwar, A., Handayani, K., & Angraeni, S. (2016). Perilaku Berisiko Kesehatan pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, 1–116. http://www.who.int/ncds/surveillance/gshs/GSHS_2015_Indonesia_Report_Bahasa.pdf?ua=1
Lestari, D. I. N. (2018). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Upaya Pencegahan Anemia Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Di Pondok Pesantren Wilayah Jenu Kabupaten Tuban. Universitas Airlangga.
Mantali, M. F., Saputro, A., Sri, V., Gobel, U., Afriany, M., Posangi, S., Kangiras, G. M., Amalia, P., & Abjul, D. (2023). Peningkatan Peran Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ) Di Madrasah Aliyah Al-Falah Tolutu Kecamatan Tomini Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Increasing The Role Of School Health Clinic ( UKS ) In Madrasah Aliyah Al-Falah Tolutu , Tomini District , South Bola. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia (JOUIPI), 1(3), 53–58.
Navipor, H., Seyed, F., Roshan, N., & Alhani, F. (2014). The Effect of Education-Based Intervention Using Small Group Discussion in Empowering Adolescent Girls to Prevent Iron Deficiency Anemia. Journal of Patient Safety & Quality Improvement, 2(4), 151–155. https://psj.mums.ac.ir/article_3399.html
Nurhayati, P., Hartiningsih, S., & Isnaeni, Y. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO, DEMONSTRASI, DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN SADARI PADA REMAJA PUTERI. Al-Asalmiya Nursing: Jurnal Ilmu Keperawatan (Journal of Nursing Sciences), 12, 106–111. https://doi.org/10.35328/keperawatan.v12i1.2294
Nurlian Ramadhanty, Syamsulhuda Budi Mustofa, & Ani Margawati. (2024). Analisis Penggunaan Media Edukasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Putri dalam Pencegahan Stunting: Literature Review: Analysis of the Use of Educational Media to Increase the Knowledge of Adolescent Girls in Stunting Prevention: Literatur Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(3 SE-Review Article), 596–604. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i3.4781
Rahmawati, K., & Elsanti, D. (2020). Efektivitas Metode Ceramah dan Small Group Discussion tentang Kesehatan Reproduksi terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja SMA Muhammadiyah Sokaraja. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, September, 126–134. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/5540/0
Retang, Y. R. A., Oktalia Damar Prasetyaningrum, Chatarina Hatri Istiarini, & Priyani Haryanti. (2024). Pengaruh Small Group Discussion Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Tiga Masalah Kesehatan Reproduksi Remaja. ASSYIFA : Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.62085/ajk.v2i1.40
Rizqiyah, I. R. (2017). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Reproduksi Dan Seksual Dengan Metode Ceramah Dan Small Group Discussion Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Usia 16-17 Tahun. In Perpustakaan Universitas Airlangga.
Roshni, M., & Rahim, A. (2020). Small group discussions as an effective teaching‑learning methodology for learning the principles of family medicine among 2nd ‑year MBBS students. Journal of Family Medicine and Primary Care, 9(5), 2248 2252. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc
Sulistyoningsih, H., & Fitriani, S. (2020). Upaya Peningkatan Personal Higiene Organ Reproduksi Perempuan Santri Pondok Pesantren Ummul Quro Salopa. Jurnal Abdimas Kesehatan Tasikmalaya, 02(02), 1–4.
Timiyatun, E., I Made Moh. Yanuar, Uut Dewi Asrifah, & Eka Oktavianto. (2021). The Effective Small Group Discussion to Improve Adolescent Knowledge on HIV/AIDS Prevention. Caring: Indonesian Journal of Nursing Science, 3(1), 38–46. https://doi.org/10.32734/ijns.v3i1.6006
UNESCO, UNAIDS, UNFPA, UNICEF, UN WOMEN, W. (2018). International technical guidance on sexuality education. In United Nations Educational Scientific and Cultural Organization SDGs. https://www.unfpa.org/publications/international-technical-guidance-sexuality-education
Wulandari, T., Nuryani, Nugroho, H. S. W., & Suparji. (2022). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Small Group Discussion untuk Meningkatkan Keterampilan dan Perilaku Siswi. Global Health Science, 7(3), 133–137.
Yuniati, Mulyasari, I., & Apriyatmoko, R. (2016). Hubungan Antara Status Gizi (Imt/U) Dengan Derajat Sindrom Pra Menstruasi Pada Remaja Putri Di Ponpes Mahirul Hikam Assalafi Payudan Kenteng Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. JGK, 8(17), 54–61.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.