PELATIHAN PEMBUATAN PREPARAT ANATOMI TUMBUHAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGGUNAAN MIKROSKOP BAGI SISWA SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan sangat terkait dengan masalah pelayanan dan pemenuhan kebutuhan peserta didik. Berbagai terobosan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, antara lain melalui pengembangan kurikulum untuk menyesuaikan materi ajar sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan Ipteks yang sangat pesat, inovasi model pembelajaran, pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Penyediaan media pembelajaran khususnya preparat mikroskopis anatomi tumbuhan secara tidak langsung akan membantu pemahaman siswa tentang struktur sel dan jaringan tumbuhan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mitra yaitu SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto dalam menyiapkan model pembelajaran pembuatan preparat anatomi tumbuhan dan penggunaan mikroskop secara baik dan benar. Metode pengabdian yang dilakukan untuk mencapai tujuan kegiatan adalah memberikan pelatihan pembuatan preparat anatomi tumbuhan dan penggunaan mikroskop bagi siswa SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini berupa pemahaman siswa SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto dalam meyiapkan preparat anatomi tumbuhan, struktur sel dan jaringan, serta memahami cara menggunakan mikroskop dengan benar. Target yang ingin dicapai dari pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman siswa tentang model pembelajaran dan penggunaan mikroskop sebesar 95%, keberhasilan tindakan pembelajaran pelatihan 100%, tercapainya indikator keberhasilan kegiatan dan tersedianya preparat anatomi tumbuhan. Luaran pengabdian ini adalah publikasi pada prosiding nasional.
References
S. Samiyarsih, Juwarno, M. Abbas & W. Herawati. Penerapan Teknologi Mikroteknik: Upaya Penyediaan Model Pembelajaran Preparat Anatomi Tumbuhan Di SMA Negeri 1 Purwokerto. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian, Unsoed, vol. 9, no. 1, Nopember 2020.
L. Surayya, I.W. Subagia & I.N. Tika. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau DAri Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IP,. vol. 4. 2014.
I.P. Artayasa, Muhlis & A. Ramdani. Penyuluhan Pembuatan Awetan Tumbuhan dan Hewan Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 2, hal. 260-267, 2021.
R. Latifa, R. 2015. Peningkatan Kualitas Preparat Histologi Berbasis Kepada Praktikum di Laboratorium Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 21 Maret, 2015.
P. Agustina, A. Saputra, L.M. Qonitat, R.D. Utami & Yohana. Kesesuaian Laboratorium Biologi sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah se-Surakarta dengan Standar Laboratorium Biologi. Proceeding Biology Education Conference. vol. 14, no 1, hal 559-564, Oktober 2017.
N.A.Y. Firdos, E. Rudyatmi & L. Herlina. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain Dengan Bantuan Media Foto Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Unnes Journal of Biology Education. vol. 2, no. 2, 2013.
F.F.K. Sari, F. Kristin & I. Anugraheni. Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Bermuatan Karakter terhadap Keterampilan Proses Ilmiah Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 4, no 1, hal. 1-7, Maret 2019.
[9I.G.N. Puger. Pengembangan Program Mengenai Aplikasi Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Widyatech Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 1, no. 1, hal. 134-146.
S. Murti, Muhibbuddin & C. Nurmaliah. Application of Practical Learning in Cognitiveand Psychomotor at Plants Anatomy Major. Journal Biologi Edukasi, vol. 6, no. 1, hal. 1-8, 2019.
S. Anjarwati, K. Wardany & F.A. Yanti. Lokakarya dan Pelatihan Pembuatan Preparat Biologi bagi Guru-Guru SMA di Lampung Timur. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service). vol. 2, no. 2, hal. 57-63, Juni 2020.
S.N.N. Achmad, J.D. Budiono & P.R. Pratiwi. The Development of Plant Tissue Preparation Media using Alternative Dye of Henna Leaves (Lausonia inermis) Filtrate. Bioedu, vol. 2, no. 1, hal 56-58, 2013.t
S. Samiyarsih, N. Naipospos & D. Palupi. Variability of Catharanthus roseus Based on Morphological and Anatomical Characters, and Chlorophyll Contents. Biodiversitas: Journal of Biological Diversity. vol. 20, no. 10, pp. 2986-2993, 2019.
R. Marimuthu. Microscopy and Microtechnique. books.google.com. New Delhi, pp. 276 - 297. 2017.
N.V. Pacheco-Silva & A.M. Donato. Morpho-anatomy of the Leaf of Myrciaria glomerata. Brazilian Journal of Pharmocognosy. Vol. 26, pp. 275-280. 2016.
T.D. Hariyani, Suranto & E. Purwanto. Studi Variasi Anatomi dan Kandungan Flavonoid Lima Spesies Genus Phyllanthus. Elvivo, vol. 1, no. 1, hal 1-14, 2013.
E. Ermayanti, Y. Anwar & D.J. Santri. Research Article: Analysis of students’ creative thinking skills on Plant Microtechnique laboratory practices. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia). vol. 7, no. 2, pp. 111-116. July 2021

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.