ALIH TEKNOLOGI DIVERSIFIKASI OLAHAN BERBASIS NANAS SEBAGAI PRODUK UNGGULAN DESA KARANGJENGKOL PURBALINGGA
Abstract
Buah nenas terutama dapat diolah menjadi berbagai macam produk, antara lain: selai/jam, manisan buah, saos, keripik, dodol, sirup, jelly dan lain sebagainya. Pengolahan nenas menjadi berbagai produk merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan kehilangan hasil panen saat panen raya. Produk nanas kalengan tradisional adalah: jus, irisan, potongan, informasi menarik, potong dadu, tombak, dihancurkan dan konsentrat. Produk buah nanas lainnya meliputi: produk dengan pengawet gula seperti selai, jeli, selai jeruk, dikeringkan/dilapisi, produk beku dan beberapa produk sampingan seperti anggur, cuka, dan nata de piña. Untuk meningkatkan rasa manisnya, nenas dapat direndam dalam larutan garam. Peran larutan garam di sini sangat krusial, karena mengubah rasa nanas menjadi lebih manis. Nanas memiliki rasa yang cukup kompleks secara alami. Dengan adanya garam, rasa kompleksitas nanas akan dinetralisir sehingga meninggalkan kesan manis saja.
References
dalam Pengembangan Unit Mikro Kecil dan Menengah Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif.
Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), Article 2.
https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4327
Amarisa, Y., Hasibuan, I. K., Keling, M., & Nasution, Y. M. (2023). PENGEMBANGAN
KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN PADA REMAJA MUDA. Sharing: Journal of Islamic
Economics Management and Business, 2(2), 105–114.
https://doi.org/10.31004/sharing.v2i2.21486
Fatmawati, F., Hidayat, C., Putra, S., & Kosasih, N. (2024). Mengubah Limbah Daun Nanas
Menjadi Eco-Fashion Berkelanjutan: Studi Kasus Program PESONA SUBANG di Desa Cikadu,
Indonesia. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17, 144–174.
https://doi.org/10.32678/dedikasi.v17i1.11033
Puspasari, I. D., Fauji, D. A. S., Kusumaningtyas, D., Paramitha, D. A., S, D. K. H., & Sardanto, R.
(2022). Pendampingan Diversifikasi Olahan Produk Nanas dengan Menggunakan Pemanis
Alami Stevia. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), Article
1. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.115
617
Rahmatika, N., & Annazah, N. S. (2020). Alih Pengetahuan dan Teknologi melalui Kegiatan
Pendampingan Tenaga Kerja Asing (Studi Kasus di YOGYAKARTA). Jurnal Ketenagakerjaan,
15(1), 27–41. https://doi.org/10.47198/naker.v15i1.64
Wardani, D., Sari, R., Putra, P. D., & Purnamasari, E. D. (2023). STRATEGI PEMASARAN ONLINE
DALAM MENINGKATKAN PRODUK KERIPIK NANAS DI DESA LUBUK ENAU: IndonesiaInggris. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10260–
10263. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19865

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.