PENINGKATAN PEMASARAN DIGITAL UMKM JAMU TRADISIONAL “JALUMAS” SEBAGAI UPAYA PENGUATAN DAYA SAING USAHA

  • Aldila Krisnaresanti Universitas Jenderal Soedirman
  • Ade Irma Anggraeani Universitas Jenderal Soedirman
  • Tohir Tohir Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Tim Pengabdian melakukan program pengabdian masyarakat pada “JALUMAS”, UMKM yang memproduksi jamu tradisional. UMKM Jalumas beralamat di Desa Cingebul RT 01 RT 07, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Produk yang dihasilkan antara lain jahe instan, lengkuas instan, jahe instan, kunyit instan, rempah racikan “NGACUNG”, dan wedang rempah. Jalumas menghadapi permasalahan terkait pemasaran yaitu kemampuan memanfaatkan dan mengelola e-commerce yang masih rendah, serta belum memiliki katalog produk yang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, tim pengabdian memberikan pelatihan mengenai optimalisasi pemasaran digital dan pembuatan konten dalam bentuk video atau foto untuk mendukung pemasaran digital dan memperkuat daya saing usaha. Luaran dari program pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan kemampuan UMKM Jalumas dalam mengikuti kegiatan pemasaran secara online dan memiliki konten pemasaran serta katalog produk sehingga tim Jalumas dapat memasarkan produknya lebih luas.

References

Hidayat, S., & Purnamasari, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 45-58.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Kusumo, A. R., Wiyoga, F. Y., Perdana, H. P., Khairunnisa, I., Suhandi, R. I., & Prastika, S. S. (2020). Jamu Tradisional Indonesia: Tingkatkan Imunitas Tubuh Secara Alami Selama Pandemi Traditional Indonesian Jamu: Natural Way To Boost Immune System During Pandemic. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 4(2), 465-471.
Prasetya, I., Wahyuni, S., & Nugroho, T. (2020). Pengaruh Kurkumin dari Kunyit Terhadap Peradangan dan Penyakit Kronis. Jurnal Kesehatan Indonesia, 8(2), 14-22.
Prasetyo, A. (2021). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 80-95.
Purnamasari, D., Ratna, S., & Wardhani, F. (2019). Manfaat Jamu Kunyit Asam Sebagai Antioksidan dan Penyeimbang Hormon Wanita. Jurnal Herbal dan Tradisional, 5(3), 45-52.
Rahmawati, I., & Hasanah, N. (2023). Efek Konsumsi Jamu Jahe Merah terhadap Pengurangan Stres pada Dewasa. Jurnal Psikologi Kesehatan, 12(1), 34-42.
Susanti, L., & Darmawan, A. (2022). Khasiat Beras Kencur dalam Mengatasi Kelelahan dan Nyeri Tubuh. Jurnal Kesehatan Tradisional, 7(1), 20-29.
Wulandari, F. (2021). Temulawak Sebagai Antioksidan Alami untuk Kesehatan Hati dan Metabolisme Tubuh. Jurnal Fitokimia Indonesia, 6(4), 33-40.
Wicaksono, D. (2023). Analisis Pemasaran Berbasis Data untuk UMKM: Sebuah Studi Empiris. Jurnal Transformasi Digital, 8(1), 25-38.
Published
2025-01-01
How to Cite
KRISNARESANTI, Aldila; ANGGRAEANI, Ade Irma; TOHIR, Tohir. PENINGKATAN PEMASARAN DIGITAL UMKM JAMU TRADISIONAL “JALUMAS” SEBAGAI UPAYA PENGUATAN DAYA SAING USAHA. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 366-371, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15300>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15300.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.