Pengenalan Produk melalui Promosi Digital pada UMKM Keripik Tempe

  • Intan Shaferi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Alisa Tri Nawarini Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Rio Dhani Laksana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ary Yunanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Promosi produk memberikan informasi kepada Masyarakat bahwa produk tersebut memiliki keunggulan dan tersedia untuk dapat dikonsumsi. Selain itu, promosi memberikan indikasi untuk masyarakat mengingat bahwa produk tersebut masih ada di pasaran. Namun demikian, di era semakin canggih, promosi bukan hanya dilakukan secara tradisional tetapi dapat menggunakan promosi digital yang lebih mudah, murah dan memiliki ketersebaran informasi lebih luas. Terutama bagi UMKM dengan adanya penekanan biaya, maka promosi digital ini dapat dilakukan. Mitra kegiatan pengabdian UMKM keripik tempe, menggunakan promosi digital untuk mengenalkan produknya kepada Masyarakat. Metode yang dilakukan dengan pelatihan dan dukungan kepada UMKM. Oleh karena itu, diharapkan mitra dapat konsisten dan semakin maju dalam usahanya.

References

Arywono, B. (2021). 10 Makanan Khas Banyumas yang Enak dan Unik, Bisa Untuk Oleholeh. IDN Times Jawa Tengah. https://jateng.idntimes.com/food/dining-guide/bandotarywono/10-makanan-khas-banyumas-yang-enak-dan-unik-bisa-untuk-oleh-oleh (17
Juli, 2021).
Assadi, N. B., Samari, D., Farajollah Hosseini, S. J., & Omidi Najafabadi, M. (2021). Development model for palm processing industries with emphasis on total innovation management (TIM) in Kerman province. Heliyon, 7(7). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07587.
Bormane, S., & Batraga, A. (2018). Digital promotion as solution for integrated marketing communication in business. Economic Science for Rural Development, 48, 338-347.
Guiné, R. P. F., Florença, S. G., Barroca, M. J., & Anjos, O. (2021). The duality of innovation and food development versus purely traditional foods. In Trends in Food Science and Technology (Vol. 109, pp. 16–24). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.tifs.2021.01.010 Herminingsih, H. (2017). Penerapan Inovasi Teknologi Mesin Penggorengan Vakum dan Pelatihan Olahan Kripik Buah di Kelompok Usaha Bersama (Kub) Ayu di Kelurahan Kranjingan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah INOVASI, 17(2), 102–108.
Infante, A., & Mardikaningsih, R. (2022). The Potential of social media as a Means of Online Business Promotion. Journal of Social Science Studies (JOS3), 2(2), 45-49.
Laksana, R. D., Shaferi, I., & Naznii, H. (2024). The Impact Of Independent Directors And Family Control On The Dividend Policy And Capital Structure: A Family Business Strategy. Business Strategy Review, 5(3), 168-175.
Nazzaro, C., Lerro, M., Stanco, M., & Marotta, G. (2019). Do consumers like food product innovation? An analysis of willingness to pay for innovative food attributes. British Food Journal, 121(6), 1413–1427. https://doi.org/10.1108/BFJ-06-2018-0389
Negara, D. J., & Kristinae, V. (2019). Pengaruh Teknologi dan Inovasi dalam Persaingan Traditional Food di Kalimantan Tengah. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 2(1), 45–52.
Ooi, Y. M., & Husted, K. (2021). How Traditional Industries Use Capabilities and Routines to Tap Users for Product Innovation: Companies in traditional industries can use capabilities and routines to gain customer insights to spur product innovation. Research Technology Management, 64(3), 31–42. https://doi.org/10.1080/08956308.2021.1891750.
Poljić, M., Tešić, D., & Košutić, N. (2018). Participation of digital promotion in the promotional mix of small enterprises. Strategic Management, 23(4), 32-39.
Prabandari, S. P., & Azzuhri, M. (2011). Efektivitas penggunaan e-commerce sebagai penunjang aktivitas bisnis pada usaha kecil menengah (UKM) di Malang Raya. Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(2), 320-328.
Putranto, T. S., Wiyana, T., & Sarim. (2020). Innovation in Traditional Food Products as Local Wisdom on Dodol Mandai. Pertanika J. Soc. Sci. & Hum, 28(S1), 181–190.
Rytkönen, P. I., & Oghazi, P. (2022). Bringing innovation back in–strategies and driving forces behind entrepreneurial responses in small-scale rural industries in Sweden. British Food Journal, 124(8), 2550–2565. https://doi.org/10.1108/BFJ-05-2021-0587.
Shaferi, I., Nawarini, A. T., Laksana, R. D., & Yunanto, A. (2024). Bitesize Product Development and Marketing Innovation in Tempeh Chips Food SMEs. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 103-109.
Shaferi, I., Setyanto, R. P., & Nawarini, A. T. (2024). Development of a Transformative Relational Management Model to Improve Batik MSME Marketing
Performance. Quality-Access to Success, 25(200).
Tasyahuda, A. D., Najmudin, N., Shaferi, I., & Laksana, R. D. (2024). Factors influencing capital stucture on F&B company which implementing sustainable environmental green practise in Indonesia. In BIO Web of Conferences (Vol. 116, p. 07018). EDP Sciences.
Tresnawati, Y., & Prasetyo, K. (2018). Pemetaan konten promosi digital bisnis kuliner kika’s catering di media sosial. PRofesi humas, 3(1), 102-119.
Yuliani, R., & Widyakanti. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76.
Published
2025-01-01
How to Cite
SHAFERI, Intan et al. Pengenalan Produk melalui Promosi Digital pada UMKM Keripik Tempe. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 830-834, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15291>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15291.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.