Hilirisasi Kelompok Home Pimpah Tambak Sogra Menuju Kemandirian Usaha
Abstract
Program PKM dilakukan dengan metode memberikan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan kepada peserta (mitra Kelompok Home Pimpah) mengenai hilirisasi menuju kemandirian usaha. Tujuan pelaksanaan PKM adalah a) Meningkatkan kemampuan mitra untuk menguasai berbagai yang disesuikan dengan kebutuhan dalam pengelolaan usaha menjadi usaha mandiri, b) Meningkatkan daerah pemasaran, c) Meningkatkan tatakelola yang baik dan d) Meningkatkan kemampuan menyusun laporan keuangan sebagai ukuran kinerja secara finansial
Kelompok Home Pimpah beralamat di Rt 08/II Kedung Ares Tambah Sogra merupakan kelompok yang bermitra selama 3 tahun dan sudah mempunyai usaha konveksi, sablon, pembuatan stempel sederhana dan usaha fotocopy. Dalam perkembanganya kelompok ini menunjukan adanya usaha yang asal jalan, belum dikelola secara profesional, kelompok usaha ini ingin mandiri dan bisa bersaing dengan pesaingnya.
Hasil kegiatan PKM hilirisasi pengabdi melakukan transfer ipteks ke mitra dengan pendampingan teknik pemasaran menggunakan digital marketing dengan menggunkan Artificial Intelligence (AI), melakukan diskusi dan FGD tatakelola usaha pada kelompok Home Pimpah, melatih aplikasi akuntansi untuk menyusun laporan keuangan serta memberi bantuan ke mitra 2 set Personal Computer (PC). Pemanfaatan personal computer yang diberikan dikembangkan untuk aktivitas pembuatan Konten Youtube ID, Pembuatan dan Produksi konten video, Editing dan post-produksi dan istribusi konten di TikTok, Spotify dan YouTube.
References
Adi Wiratno, Fakhudin Muazis (2020) Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Memepengaruhi Pengungkapan Emisi Karbon Di Indonesia, JEBA FEB UNSOED
Dwidjowijoto Dan Wrihatnolo (2007). Manajemen Pemberdayaan. Jakarta. Elekmedia Komputindo
Elida T, R. A. (2019). Pemasaran Digital. Bogor: IPB Press.
Horn James C. Dan John M. Wachowicz (2012), Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, (Buku Satu: Alih Bahasa Heru Sutojo), Edisi Tiga Belas, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Https://Trihamas.Co.Id/Profile-Perusahaan/Tata-Kelola-Perusahaan/
Https://Nusindo.Co.Id/Prinsip-Gcg/
Syahyuti, 2006. 30 Konsep Penting Dalam Pembangunan Pedesaan Dan Pertanian: Penjelasan Tentang Konsep, Istilah, Teori Dan Indikator Serta Variabel. Bina Rena Pariwara, Jakarta.
SR, Soemarso. 2020. Akuntansi Suatu Pengantar, Salemba Empat Jakarta. Suliyanto. 2005. Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.