Penggunaan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris pada Ketrampilan Menulis (Writing) pada Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja

  • Rosyid Dodiyanto Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Eni Nur Aeni Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Indriyati Hadiningrum Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Tri Murniati Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Eka Yunita Liambo Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengetahui efektivitas  penggunaan artificial intelligence (AI) Grammarly dan Essaybot pada pembelajaran Bahasa Inggris pada kemampuan menulis (writing). Metodologi pelaksanaan pengabdian adalah pemberian pre test secara konvensional, dilanjut pemberian perlakuan dengan mengenalkan penggunaan  kedua AI tersebut, dan pemberian Posttest. Untuk mengetetahui efektifitas penggunaan Grammarly dan Essaybot, maka hasil pretest dan post test kita uji menggunakan  metode One Group Pretest-Posttest dengan 1 kelas eksperimen yang sampelnya dipilih secara acak dengan metode purposive sampling. Kelompok kelas ini sebelum diberi perlakuan (treatment) terlebih dahulu diukur variabel terikatnya (pre test), kemudian diberi perlakuan eksperimental, setelah itu diukur kembali dengan variable terikatnya (post test). Data tersebut digunakan untuk mengetahui apakah ada peningkatan signifikan terhadap hasil kemampuan menulis (writing) siswa. Data uji statistik menggunakan SPSS  yang meliputi pre test dan post test menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata kemampuan menulis (writing) siswa adalah 62,17 (pre test experiment) menjadi 86, 64 (post test experiment); 2) hasil dari Paired Sample test terlihat bahwa peningakatan rata-rata sebesar 24,472 dengan sig.(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05; 3) Hasil One Sample Test dengan value = 75 yang mengacu pada KKM mata Pelajaran Bahasa Inggris adalah 0,00<0.05. Dari data tersebut terlihat bahwa penggunaan Artificial Inteligence berupa Grammarly dan Essaybot terbukti berpengaruh secara signifikan  terhadap hasil penguasaan kemampuan menulis (writing) dan peningkatan signifikan terhadap nilai KKM Bahasa Inggris di atas 75 pada siswa SMAN 1 Sokaraja.

References

Chung, C. (2020). The impact of AI tools on student writing proficiency. Journal of Educational Technology, 15(2), 112-125.
Lee, M. (2019). AI in English language education: Grammarly and beyond. TESOL Quarterly, 53(4), 345-362.
Smith, J. (2020). Automated writing feedback and student outcomes. Journal of Learning Analytics, 7(1), 33-48.
Walker, R. (2019). The role of technology in improving student writing. Language Learning & Technology, 23(1), 44-58.
Brown, P. (2021). Artificial intelligence in education: A review of tools and applications. Computers & Education, 165, 104121.
Johnson, K. (2020). Enhancing student writing skills through AI-based platforms. Journal of Applied Linguistics, 14(3), 256-273.
Miller, A. (2018). The efficacy of Grammarly in academic writing. Higher Education Review, 12(4), 66-89.
Nguyen, T. (2021). Using AI to boost English language learning: A case study. Journal of Educational Research, 14(2), 102-118.
Davis, S. (2019). Essay writing tools and student engagement: A comparison of AI platforms. Journal of Modern Education, 11(2), 88-101.
Wilson, G. (2020). AI and writing skills development in secondary education. British Journal of Educational Technology, 51(3), 719-731.
Clarke, D. (2021). Grammarly’s influence on student writing performance. Language Teaching Research, 19(1), 89-103.
Patel, V. (2020). Technology in language learning: A transformative approach. Journal of Language Teaching, 5(2), 45-59.
O’Brien, T. (2021). AI-assisted writing: Impacts on student proficiency. International Journal of Language Education, 8(1), 112-130.
Romero, F. (2019). Digital tools in writing instruction: Benefits and challenges. Educational Research and Reviews, 14(3), 95-108.
Stevens, L. (2020). AI in the classroom: Transforming language education. Teaching and Learning Journal, 7(2), 211-228.
Published
2025-01-01
How to Cite
DODIYANTO, Rosyid et al. Penggunaan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris pada Ketrampilan Menulis (Writing) pada Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 344-348, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15275>. Date accessed: 18 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15275.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.