Penggunaan Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Bahasa Inggris pada Ketrampilan Menulis (Writing) pada Siswa SMA Negeri 1 Sokaraja
Abstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengetahui efektivitas penggunaan artificial intelligence (AI) Grammarly dan Essaybot pada pembelajaran Bahasa Inggris pada kemampuan menulis (writing). Metodologi pelaksanaan pengabdian adalah pemberian pre test secara konvensional, dilanjut pemberian perlakuan dengan mengenalkan penggunaan kedua AI tersebut, dan pemberian Posttest. Untuk mengetetahui efektifitas penggunaan Grammarly dan Essaybot, maka hasil pretest dan post test kita uji menggunakan metode One Group Pretest-Posttest dengan 1 kelas eksperimen yang sampelnya dipilih secara acak dengan metode purposive sampling. Kelompok kelas ini sebelum diberi perlakuan (treatment) terlebih dahulu diukur variabel terikatnya (pre test), kemudian diberi perlakuan eksperimental, setelah itu diukur kembali dengan variable terikatnya (post test). Data tersebut digunakan untuk mengetahui apakah ada peningkatan signifikan terhadap hasil kemampuan menulis (writing) siswa. Data uji statistik menggunakan SPSS yang meliputi pre test dan post test menunjukkan bahwa: 1) Nilai rata-rata kemampuan menulis (writing) siswa adalah 62,17 (pre test experiment) menjadi 86, 64 (post test experiment); 2) hasil dari Paired Sample test terlihat bahwa peningakatan rata-rata sebesar 24,472 dengan sig.(2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05; 3) Hasil One Sample Test dengan value = 75 yang mengacu pada KKM mata Pelajaran Bahasa Inggris adalah 0,00<0.05. Dari data tersebut terlihat bahwa penggunaan Artificial Inteligence berupa Grammarly dan Essaybot terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap hasil penguasaan kemampuan menulis (writing) dan peningkatan signifikan terhadap nilai KKM Bahasa Inggris di atas 75 pada siswa SMAN 1 Sokaraja.
References
Lee, M. (2019). AI in English language education: Grammarly and beyond. TESOL Quarterly, 53(4), 345-362.
Smith, J. (2020). Automated writing feedback and student outcomes. Journal of Learning Analytics, 7(1), 33-48.
Walker, R. (2019). The role of technology in improving student writing. Language Learning & Technology, 23(1), 44-58.
Brown, P. (2021). Artificial intelligence in education: A review of tools and applications. Computers & Education, 165, 104121.
Johnson, K. (2020). Enhancing student writing skills through AI-based platforms. Journal of Applied Linguistics, 14(3), 256-273.
Miller, A. (2018). The efficacy of Grammarly in academic writing. Higher Education Review, 12(4), 66-89.
Nguyen, T. (2021). Using AI to boost English language learning: A case study. Journal of Educational Research, 14(2), 102-118.
Davis, S. (2019). Essay writing tools and student engagement: A comparison of AI platforms. Journal of Modern Education, 11(2), 88-101.
Wilson, G. (2020). AI and writing skills development in secondary education. British Journal of Educational Technology, 51(3), 719-731.
Clarke, D. (2021). Grammarly’s influence on student writing performance. Language Teaching Research, 19(1), 89-103.
Patel, V. (2020). Technology in language learning: A transformative approach. Journal of Language Teaching, 5(2), 45-59.
O’Brien, T. (2021). AI-assisted writing: Impacts on student proficiency. International Journal of Language Education, 8(1), 112-130.
Romero, F. (2019). Digital tools in writing instruction: Benefits and challenges. Educational Research and Reviews, 14(3), 95-108.
Stevens, L. (2020). AI in the classroom: Transforming language education. Teaching and Learning Journal, 7(2), 211-228.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.