PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL DAN PENGGUNAAN QRIS TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA PADA SEKTOR KULINER DI PASAR MANIS

  • Oki Anggraeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Elsa Puspasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Ajeng Faizah Nijma Ilma Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Transaksi nontunai semakin digalakkan di pasar tradisional sebagai proyek percontohan yang terus didorong oleh pemerintah, dengan tujuan meningkatkan daya saing pasar tradisional. Penggunaan QRIS sebagai salah satu alternatif pembayaran nontunai di pasar rakyat menjadi inovasi baru, meskipun masih banyak masyarakat yang merasa khawatir karena kurangnya pemahaman tentang mekanisme operasional serta kemudahan penggunaannya. Perkembangan teknologi yang pesat turut mengubah pola sistem pembayaran dalam kegiatan ekonomi, dimana metode pembayaran terus bertransformasi. Kemajuan teknologi pada sistem pembayaran menyebabkan peran uang tunai berubah menjadi bentuk pembayaran digital yang lebih efisien dan ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, literasi digital, dan penggunaan QRIS terhadap perilaku kewirausahaan pelaku UMKM, khususnya di sektor kuliner. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelaku UMKM di sektor kuliner pagi dan malam di Pasar Manis Purwokerto yang secara aktif memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, melibatkan 49 penjual sebagai responden. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.0 dengan pendekatan PLSSEM (Partial Least Squares-Structural Equation Modelling). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif terhadap perilaku kewirausahaan, kemudian literasi digital dan penggunaan QRIS yang memberikan dampak positif terhadap perilaku kewirausahaan pedagang kuliner di Pasar Manis Purwokerto

References

Babbie, E. R. (2016). The Practice of Social Research. Cengage Learning.
Becker, J.-M., Klein, K., & Wetzels, M. (2012). Hierarchical latent variable models in PLS-SEM: Guidelines for using reflective-formative type models. Long Range Planning.
Chin, W. W. (2010). How to write up and report PLS analyses. In V. E. Vinzi, W. W. Chin, J. Henseler, & H. Wang (Eds.), Handbook of Partial Least Squares: Concepts, Methods and Applications. Springer. Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Field, A. (2017). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. SAGE Publications.
Flick, U. (2022). An Introduction to Qualitative Research. SAGE Publications.
Fowler, F. J. (2014). Survey Research Methods. SAGE Publications.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications.
Henseler, J., Hubona, G., & Ray, P. A. (2016). Using PLS path modeling in new technology research: Updated guidelines. Industrial Management & Data Systems.
Henseler, J., Ringle, C. M., & Sinkovics, R. R. (2009). The use of partial least squares path modeling in international marketing. Advances in International Marketing.
Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson. Prasetyo, E., Putri, R., & Kurniawan, A. (2022). Digital literacy and financial technology usage. Journal of Financial Innovation.
Putri, N., & Kurniawan, T. (2022). Increasing financial inclusion through QRIS adoption in Indonesia.Indonesian Journal of Financial Technology.
Rahman, F., & Saputra, D. (2022). The adoption of QRIS for digital transactions in traditional markets. Journal of Economics and Digital Transformation.
Ringle, C. M., Wende, S., & Becker, J.-M. (2020). SmartPLS 3. SmartPLS GmbH.
Ringle, C. M., Wende, S., & Will, A. (2005). SmartPLS 2.0 (M3) Beta. University of Hamburg.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2019). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Springer.
Suryanto, R., & Purwanto, H. (2021). The role of financial literacy in the digital payment system. Journal of
Financial Studies.
Tapscott, D. (1996). The Digital Economy: Promise and Peril in the Age of Networked Intelligence. McGraw-Hill.
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User acceptance of information technology:
Toward a unified view. MIS Quarterly.
Wang, C. L., & Ahmed, P. K. (2007). Dynamic capabilities: A review and research agenda. International Journal of Management Reviews.
Widodo, M., & Sari, D. (2023). Financial literacy and the risks of digital transactions: A study on QRIS users. Journal of Digital Economy.
Wold, H. (1982). Soft modeling: The basic design and some extensions. In K. G. Jöreskog & H. Wold (Eds.), Systems under Indirect Observation: Causality, Structure, Prediction. North-Holland.
Worthington, A. C. (2006). Predicting financial literacy in Australia. Financial Services Review.
Yadav, R., & Pathak, G. S. (2016). Intention to adopt internet banking in an emerging economy: A perspective of Indian youth. International Journal of Bank Marketing.
Yin, R. K. (2020). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Publications.
Zhang, X., & Li, Y. (2019). Financial literacy, internet usage, and mobile payment adoption. Journal of Finance
and Banking.
Published
2025-01-01
How to Cite
ANGGRAENI, Oki; PUSPASARI, Elsa; ILMA, Ajeng Faizah Nijma. PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL DAN PENGGUNAAN QRIS TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA PADA SEKTOR KULINER DI PASAR MANIS. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 812-819, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15265>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15265.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.