Pelatihan Optimalisasi Penggunaan Media Promosi bagi Pelaku Industri Pariwisata dan UMKM Desa Wisata Nusantara Banyumas

  • Lely Tri Wijayanti Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Indah Puspitasari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Kristianto Setiawan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Gigih Ariastuti Purwandari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman
  • Eka Dyah Puspita Sari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Penggunaan media promosi yang efektif berpotensi meningkatkan visibilitas produk maupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen dan pengguna jasa. Berdasarkan observasi pada akun media sosial Desa Wisata Nusantara, para pelaku industri pariwisata dan UMKM Desa Wisata Nusantara Banyumas belum menggunakan media promosinya dengan efektif. Oleh karena itu,  kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk (1) memberikan pengetahuan (knowledge) tentang pembuatan katalog digital (2) membuat akun sosial media (3) membuat konten media sosial. Melalui kegiatan PkM berbasis riset ini ketiga permasalahan yang meliputi (1) Aspek optimalisasi pengetahuan (2) Aspek optimalisasi keterampilan dan (3) Aspek optimalisasi promosi, dapat terpecahkan dan terselesaikan. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan dan keberlanjutan program (sustainability ) ada tiga jenis evaluasi: (1) tahap awal melalui Pre-test diskusi interaktif dan pertanyaan melalui Google form guna mengetahui tingkat pemahaman dan pengetahuan awal, (2) tahap pelaksanaan kegiatan/ proses kegiatan melalui pengamatan, diskusi, praktek dan penilaian produk akhir (3) tahap akhir melalui post- test kuesioner G-form, tanya jawab interaktif, serta penilaian jawaban soal guna mengetahui peningkatan pemahaman dan pengetahuan setelah mengikuti PkM ini. Hasil pre-test dan post-test tersebut menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pengalaman para pelaku industri pariwisata dan UMKM Desa Wisata Banyumas dalam menggunakan media promosi baik dalam bentuk katalog digital and media sosial untuk mempromosikan produk dan jasa mereka untuk menarik konsumen dan pengguna jasa.

References

Hermawati, S., & Milawaty, Y. (2016). Potensi Industri Pariwisata Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(3), 96961.
Bhatia, A. (2006). The business of tourism: concepts and strategies, Sterling Publishers Pvt. Ltd, UK.
Clark, R. & Ivanič, R. (1999). Raising Critical Awareness of Language: A Curriculum Aim for the New Millenium. Language Awareness, Vol. 8, No.2, pp. 63-70
Communication, M. (2020). Central University of Odisha Koraput.
Hermawati, S., & Milawaty, Y. (2016). Potensi Industri Pariwisata Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 21(3), 96961.
Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2022). Adwi 2022 - Jadesta. Jadesta. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/
Kemenparekraf. (2022). SIARAN PERS : Indeks Kinerja Pariwisata Indonesia Raih Peringkat ke-32 Besar Dunia Menurut WEF. https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-indeks-kinerja-pariwisata-indonesia-raih-peringkat-ke-32-besar-dunia-menurut-wec
Nuranindya, Dian. (2012). Proses Pembentukan Brand Awareness dan Brand Image melalui Penerapan Integrated Marketing Communication (IMC) Pada Produk Jasa Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.
Puspitasari,Indah.(2021). Book Chapter Gaya Bahasa promosi pariwisata sebelum dan pasca Covid. Bali : Penerbit Yaguwipa
Puspitasari, Indah, and Kristianto Setiawan (2022). Project-Based Learning for English Diploma Program Students: Implementation and Challenges in Online Learning. no. 2.
Puspitasari, I. (2018). Developing English for Tourism Materials Trough Stakeholders� Needs Analysis. English Review: Journal of English Education, 7(1), 147. https://doi.org/10.25134/erjee.v7i1.1534
Puspitasari, Indah, and Tri Wahyu Setiawan Prasetyoningsih.. (2021) “The Use of Cohesive Devices and Factors Influence Unsuccessful Coherence in Community-Based Tourism Text.” Jurnal Lingua Idea, vol. 12, no. 1, 2021, p. 84, doi:10.20884/1.jli.2021.12.1.3899.
Sirakaya, E. & Sonmez, S. (2000). Gender images in state tourism brochures: an overlooked area in socially responsible tourism marketing: Journal of Travel Research, 38 (4), pp. 353-362
Traditional, C. O. F., & Electronic, M. W. (n.d.). Media With Electronic. Optional Module 7A, 23–31.
Ulinnuha R., Wening U.,& Wijaya Y. (2013). Critical Discourse Analysis: Theory and Method in Social and Literary Framework. Indonesian Journal of Applied Linguistiks, 2 (2), pp. 262-274
Wodak, R. and Meyer, M. (eds.). (2001). Methods of critical discourse analysis. London: Sage.
Wolf, M., Sims, J., & Yang, H. (2017). Social media? What social media? UK Academy for Information Systems Conference Proceedings 2018, 1–18.
Wuryaningrum, R. (2020). The Effectiveness of The Implementation of Critical Discourse Analysis Insurance Advertising in Argumentative Writing Learning for University Students. Journal Retorika, 13 (1), pp. 11–21 DOI: 10.26858/retorika.13i1.11311
Yunianto, I. (2021). TEKNIK FOTOGRAFI, Belajar Daris Basic Hingga Professional. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik. https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/download/213/239
Published
2025-01-01
How to Cite
WIJAYANTI, Lely Tri et al. Pelatihan Optimalisasi Penggunaan Media Promosi bagi Pelaku Industri Pariwisata dan UMKM Desa Wisata Nusantara Banyumas. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 233-243, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15264>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15264.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.