STRATEGI REBRANDING MELALUI PENCIPTAAN BRAND IMAGE GUNA PENINGKATAN DAYA SAING DAN PERLUASAN CAKUPAN BISNIS KELOMPOK WANITA USAHA KERIPIK UBI UNGU BARARA CHIP DESA KARANGPETIR KECAMATAN TAMBAK BANYUMAS

  • Dwita Aprillia Floresti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Goro Binardjo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Agus Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Monica Rosiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan pelatihan dan pendampingan foto produk dan pembuatan media pemasaran produk dengan system online (digital marketing) seperti pembuatan akun di social media seperti Instagram, pembuatan akun di google my business, pembuatan akun di e-commerce; memberikan pelatihan dan pendampingan rebranding kemasan produk untuk menciptakan  brand image baru melalui pembuatan kemasan baru yang menarik, aman dan membuat produk tahan lama; dan penyediaan teknologi dalam bentuk peralatan pemasaran produk (digital marketing) dan peralatan produksi produksi agar dapat meningkatkan hasil produksi dengan efektif dan efisien secara waktu dan tenaga. Metosde yang digunakan pelatihan dan pendampingan pembuatan media pemasaran produk dengan system online seperti media sosial Instagram, pembuatan akun di google my business, pembuatan akun di e-commerce; Pelatihan dan pendampingan rebranding kemasan produk sehingga menciptakan  brand image baru; dan Pemberian hibah peralatan agar meningkatkan pemasaran produk dan kapasitas jumlah produksi guna memenuhi permintaan pasar. Hasil pengabdian yang dilakukan oleh Tim pengabdi diperoleh hasil bahwa mitra telah memiliki media pemasaran berupa Instagram, google my business dan akun di e-commerce. Mitra telah memiliki kemasan baru berupa standing pouch yang tebal dan aman Ketika distribusi produk melalui pelatihan dan pendampingan serta peningkatan hasil produksi melalui penyediaan teknologi produksi berupa spinner, wajan uk 26, ember tinggi, serok dan baskom besar.

References

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa
Arzia, Ulfahul. 2007. Analisis Pengaruh Rebranding terhadap Brand Equity Air Conditioner (AC) Panasonic, Bogor: Insititut Pertanian Bogor.
Dian Anita Sari, ‘’Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Umkm Di Kabupaten Rembang’’, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yppi Rembang, hal 18
Isyana, Riza Rizki. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Rebranding (Studi Kasus Rebranding Piring Putih Menjadi Redberries Food and Folks Dalam Meningkatkan Penjualan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Mudrajad Kuncoro, Ekonomika Industri Indonesia Menuju Negara Industri Baru 2030, (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2007), h. 82.
Schiffman dan Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Published
2025-02-20
How to Cite
FLORESTI, Dwita Aprillia et al. STRATEGI REBRANDING MELALUI PENCIPTAAN BRAND IMAGE GUNA PENINGKATAN DAYA SAING DAN PERLUASAN CAKUPAN BISNIS KELOMPOK WANITA USAHA KERIPIK UBI UNGU BARARA CHIP DESA KARANGPETIR KECAMATAN TAMBAK BANYUMAS. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 338-343, feb. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15263>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15263.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.