Peningkatan Jiwa Kewirausahaan Pedesaan Melalui Pelatihan Digital Marketing Pada Batik Mekar Wangi Purbalingga

  • Retno Kurniasih Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Siti Zulaikha Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Chandra Hadi Prayoga Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan di lingkungan pedesaan melalui pelatihan digital marketing bagi para pelaku usaha batik di Batik Mekar Wangi, Purbalingga. Program ini dirancang untuk membekali peserta dengan keterampilan dan pengetahuan tentang strategi pemasaran digital yang efektif, termasuk pembuatan konten marketing, penggunaan media sosial, dan e-commerce. Pelatihan ini juga mencakup pengembangan konten kreatif dan manajemen kampanye pemasaran digital yang dapat membantu memperluas jangkauan pasar produk batik mereka. Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku usaha batik di Batik Mekar Wangi mampu meningkatkan visibilitas dan daya saing produk mereka di pasar yang lebih luas, baik di tingkat lokal maupun nasional. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam mengaplikasikan digital marketing, yang berkontribusi pada pertumbuhan usaha dan penguatan ekonomi di tingkat pedesaan.

References

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting The Future Of Digital And Social Media Marketing Research: Perspectives And Research Propositions. International Journal Of Information Management, 59, 102168. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijinfomgt.2020.102168
Kannan, P. K., & Li, H. “Alice.” (2017). Digital Marketing: A Framework, Review And Research Agenda. International Journal Of Research In Marketing, 34(1), 22–45. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Ijresmar.2016.11.006
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2020). E-Commerce 2019: Business, Technology, Society. Pearson.
Saragih, G. S. (2022). Persaingan Usaha Di Era Digital. Jurnal Prisma. Https://Www.Prismajurnal.Com/Post/Persaingan-Usaha-Di-Era-Industri-Digital/
Stephen, A. T. (2016). The Role Of Digital And Social Media Marketing In Consumer Behavior. Current Opinion In Psychology, 10, 17–21. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Copsyc.2015.10.016
Published
2025-01-01
How to Cite
KURNIASIH, Retno; WULANDARI, Siti Zulaikha; PRAYOGA, Chandra Hadi. Peningkatan Jiwa Kewirausahaan Pedesaan Melalui Pelatihan Digital Marketing Pada Batik Mekar Wangi Purbalingga. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 217-224, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15246>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15246.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.