MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN DI KALANGAN GENERASI MUDA MELALUI PEMBELAJARAN FOTOGRAFI ALAM LIAR
Abstract
Penelitian ini berfokus pada upaya MTs Pakis, sebuah sekolah komunitas di Desa Gununglurah, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda melalui pembelajaran fotografi alam liar (Wildlife Photography). Program ini dimulai pada tahun 2015 dengan melibatkan siswa, relawan, dan berbagai pihak untuk mendokumentasikan keanekaragaman hayati di sekitar sekolah. Penelitian ini menggunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara mendalam dan melibatkan 12 responden berusia 8-14 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi motivasi, hambatan, dan nilai-nilai yang terbentuk pada remaja terkait dengan pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja peserta program menjadi lebih sadar akan pentingnya alam sebagai bagian integral dari kehidupan mereka. Mereka memahami bahwa alam tidak hanya menjadi sumber penghidupan tetapi juga harus dilestarikan untuk masa depan. Kesadaran ini mendorong mereka untuk lebih aktif menjaga dan merawat lingkungan sekitarnya, menjadikan pembelajaran fotografi alam liar sebagai sarana efektif dalam membangun kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda.
References
Ardoin, N. M., Bowers, A. W., & Gaillard, A. (2020). Environmental education outcomes for conservation: A systematic review. Biological Conservation, 241, 108224.
Chawla, L. (1999). Life paths into effective environmental action. The Journal of Environmental Education, 3 1(1), 15-26.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Ekman, P., & Ericsson, T. (2021). Visualizing biodiversity: The role of photography in environmental educatio n. Environmental Education Research, 27(6), 807-819.
Khaer, A., Khoir, N., & Hidayati, Y. A. (2022). Senjakala Media Cetak: Tantangan Jurnalisme Cetak Di Era Digi tal. Trilogi: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 2(3), 1-11.
Kirby, A., & Main, D. (2020). Motivating student engagement in environmental conservation through nature photography. Environmental Education Research, 26(4), 555-567.
Metcalf, S. S., Wheeler, S. A., & Burns, E. M. (2018). Enhancing environmental literacy through communitybased photography. Journal of Environmental Studies and Sciences, 8(1), 45-57.
Prabowo, H. S. (2017). Pelestarian Satwa Langka Untuk Keseimbangan Ekosistem. Lembaga Pemuliaan Lingk ungan Hidup & Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia. Jakarta.
Rahma, A. (2018). Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana (Prb) Melalui Pendidikan Formal. Var idika, 30(1), 1-11.
Stevenson, R. B., Brody, M., Dillon, J., & Wals, A. E. J. (2017). Environmental education: Teacher education a nd learning outcomes. Environmental Education Research, 23(1), 1-19.
Vermeulen, S. J., Campbell, B. M., & Ingram, J. S. I. (2012). Climate change and food systems. Annual Review of Environment and Resources, 37, 195-222. https://doi.org/10.1146/annurev-environ-020411-130608