Pelatihan Pembuatan Konten Marketing di BUMDES Mitra Usaha Sejahtera Desa Cikakak

  • Viviana Mayasari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhammad Taufiq Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
  • Sofiatul Khotimah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh BUMdes Mitra Usaha Sejahtera adalah keterbatasan ketrampilan pembuatan konten untuk promosi, sehingga mitra belum maksimal memanfaatkan digital marketing untuk membantu promosi usaha yang ada di BUMdes. Tujuan di adakannya kegiatan pelatihan ini bagi pengelola BUMdes adalah untuk membantu pengelola BUMDES Mitra Usaha Sejahtera supaya bisa membuat konten marketing yang berguna untuk mempromosikan unit usaha BUMdes khususnya unit usaha yang berkaitan dengan wisata. Dengan adanya pelatihan ni diharapkan pengelola BUMdes mampu memaksimalkan digital marketing untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 


Pendekatan yang dilakukan untuk menyelesaikan peramasalahan mitra yaitu dengan metode pelatihan dan pendampingan. Pelatihan yang diberikan dengan memberikan materi mengenai konten marketing dan pendampingan yang dilakukan dengan tahapan yaitu perencanaan, pembuatan dan evaluasi konten marketing. Hasil dari program pelatihan dan pendampingan ini progress kemajuan kemampuan pengelola BUMdes dalam membuat konten marketing. Tingkat keberhasilan dalam program ini dengan membandingan kondisi awal sebelum dilakukan program dan kondisi akhir setelah dilakukan program pelatihan pembuatan konten marketing di BUMdes Mitra Usaha Sejahtera Desa Cikakak.

References

Heri Prabowo, Efriyani Dkk. (2021). Pembuatan Video Promosi Sebagai Strategi Digital Marketing Produk Bumdes, 183-187.
Taufik R.Talalu, Citra Indah (2021). Metode Utama Komunikasi Pemasaran Antraksi Wisata Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Jurnal Unida, 6 (2), 53-59.
Nuzul Imam Fadhilah, Saifudin Dkk. Pelatihan Pembuatan Konten Dan Promosi Produk Di Bumdes Sumber Rejeki Desa Karangkemojing. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 3 (2), 142-152.
Dedi Purwana. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1 (1).
Muntoha., Jamroni., & Tantria, H. 2015. Pemanfaatan Situs Web Sebagai Sarana Promosi Desa Songbanyu, Kecamatan Giri Subo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, (4), 172-176.
Irkhos, I., & Risdianto, E. (2022). Pelatihan Pengelolaan Website Dan Konten Youtube Untuk Promosi Wisata Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah. DIKDIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11-20.
Ismana Putra, V.A., Khabibah, U. Pengembangan Media Promosi Dengan Aplikasi Cms Wordpress Untuk Menarik Minat Beli Konsumen Pada UKM Counter Hp Izzy Cell Mojokerto. JAB (Jurnal Aplikasi Bisnis), 7(1).
Marliana, R. R., Sejati, W., Nisa, W. A., Pujayanti, U., Sopian, R., & Noergana, W. 2022. Rancang Bangun Website Desa Citengah Untuk Pengembangan Promosi Potensi Desa. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 193-197.
Published
2025-01-01
How to Cite
MAYASARI, Viviana; TAUFIQ, Muhammad; KHOTIMAH, Sofiatul. Pelatihan Pembuatan Konten Marketing di BUMDES Mitra Usaha Sejahtera Desa Cikakak. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 14, p. 207-212, jan. 2025. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15230>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2025.14.0.15230.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.