ENGLISH FOR CHILDREN: PENINGKATAN KOMPETENSI BERBAHASA SISWA MIN 1 BANYUMAS DALAM BASIC ENGLISH CONVERSATION

  • Septi Mariasari Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Rosyid Dodiyanto Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Lely Tri Wijayanti Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

Abstract

Di MIN 1 Banyumas pembelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran muatan lokal yang diberikan seminggu sekali dengan durasi waktu 45 menit. Metode pembelajaran yang digunakan adalah dengan mengghafalkan. Siswa diberi beberapa kosakata untuk dihafalkan, baik yang berupa kata, frasa ataupun kalimat. Hal ini mengakibatkan siswa mengalami kesulitan ketika harus berkomunikasi secara langsung dengan menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan hasil observasi di lapangan, terdapat fakta bahwa siswa mampu menyebutkan kata-kata dalam bahasa Inggris dan artinya, tetapi siswa mengalami kesulitan ketika harus berbicara apalagi bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris. Sebagian besar siswa tidak mampu untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik, benar dan lancar. Mereka sangat kurang dalam menguasai kemampuan berbahasa Inggris sehingga mengalami kendala dalam melakukan percakapan bahasa Inggris meskipun di level dasar. Tujuan dari kegiatan pengenalan metode belajar bahasa Inggris yang kreatif untuk meningkatkan kompetensi berbahasa siswa di MIN 1 Banyumas dalam Basic English Conversation ini adalah untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang bagaimana mempelajari bahasa Inggris secara kreatif dan menyenangkan; memperkenalkan cara-cara belajar kreatif yang menyenangkan terkait dengan percakapan dasar dalam bahasa Inggris; meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris siswa di MIN 1 Banyumas sehingga dapat berkomunikasi dengan baik, benar dan lancar di level dasar.

References

Budi, Rilastyo; Melasarianti, Lalita; dkk. 2021. Pelatihan prosedur publikasi artikel hasil penelitian pada jurnal nasional bagi guru SMKN 1 Purwokerto. Solidaritas: Jurnal Pengabdian 1. 11-20.

Mariasari, Septi; Dodiyanto, Rosyid; Hadiningrum Indriyati. 2020. Kegiatan Mendongeng dan Berceritas untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Prosiding LPPM Unosed.

Widyaningsih, Rindha; Puspitasari, Indah; Mariasari, Septi. 2019. Pembelajaran Kreatif Bahasa Inggris di Kampung Literasi Wadas Kelir. Prosiding LPPM Unosed.

Mariasari, Septi; Widyaningsih, Rindha; Puspitasari, Indah. 2017. Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Aparatur Desa dalam Menghadapi MEA. Prosiding LPPM Unosed.
Published
2024-02-06
How to Cite
MARIASARI, Septi; DODIYANTO, Rosyid; WIJAYANTI, Lely Tri. ENGLISH FOR CHILDREN: PENINGKATAN KOMPETENSI BERBAHASA SISWA MIN 1 BANYUMAS DALAM BASIC ENGLISH CONVERSATION. Prosiding Seminar Nasonal LPPM UNSOED, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 824-832, feb. 2024. ISSN 2985-9042. Available at: <https://jos.unsoed.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/10677>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.20884/1.semnaslppm.2024.13.1.10677.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.